Momen Basuki Minta Maaf dan Cium Tangan Sri Mulyani

 

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku pernah meminta maaf kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, sampai mencium tangannya.

Momen itu, Basuki ceritakan terjadi tatkala ada anak buahnya di Kementerian PUPR yang terjerat permasalahan karena menyelewengkan belanja negara yang seharusnya digunakan untuk membangun infrastruktur.

"Tugas PUPR membelanjakan, nggak ada yang lain. Jadi kalau kita membelanjakan dengan semberono saya malu dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani) yang susah payah mengumpulkan," kata Basuki saat bersama Sri Mulyani di acara Serah Terima BMN, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Setiap ada kasus hukum penyalahgunaan anggaran negara, Basuki mengaku malu kepada Sri Mulyani karena sudah susah payah mengumpulkan penerimaan negara, tapi malah diselewengkan. Makanya, dia siap minta maaf dan cium tangan Sri Mulyani bila belanja negara diselewengkan.

"Jadi kalau ada penyelewengan pasti yang pertama saya datangi beliau dan saya cium tangan minta maaf. Itu yang selalu saya sampaikan," ujar dia.

Oleh sebab itu, Basuki menekankan kepada anak buahnya saat itu Kementerian PUPR harus disiplin dalam belanja, apalagi dalam 10 tahun terakhir telah mengelola uang negara hingga mencapai Rp 1.000 triliun.

"Kalau saya dengan teman-teman insan PUPR, saya selalu bilang, awas jangan main-main. Tugas PU hanya membelanjakan uang negara, tugas ibu Menteri Keuangan mencari uang negara," tegasnya.

Sri Mulyani pada kesempatan itu juga mengingatkan bahwa setiap pembangunan di dalam negeri yang dibangun negara dari APBN, berasal dari uang rakyat yang dikumpulkan melalui pos penerimaan pajak, bea dan cukai, ataupun PNBP. Maka, ia meminta semua pihak harus bertanggung jawab dalam membelanjakan anggaran.

Meski begitu, ia mengakui, selama ini Basuki merupakan salah satu sosok menteri yang sangat baik dalam membelanjakan uang negara. "Karena memang belanja tuh susah. Belanja yang baik seperti Pak Bas," ujar Sri Mulyani.

Pada momen itu, Sri Mulyani mengaku tak pernah tangannya dicium secara langsung oleh Basuki. Sebab saat momen cium tangan itu, Basuki hanya menunduk saat bersalaman, dan mencium tangannya sendiri. Basuki yang berdiri di sampingnya pun tertawa sambil memperagakan.

"Pak Bas cium tangannya sendiri sih, nggak pernah cium tangan saya," kata Sri Mulyani.

Sumber : CNN 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel