Israel Bunuh Tokoh Penting 'Perantara' Hizbullah di Suriah

 

Jakarta - Israel mengaku telah membunuh seorang tokoh milisi Hizbullah di wilayah Suriah, dalam serangan udara pada Rabu (9/10) waktu setempat.

Dilansir AFP, militer Israel dalam sebuah pernyataan mengatakan Angkatan Udara telah menyerang dan melenyapkan Adham Jahout dari Jaringan Teroris Golan milik Hizbullah di Suriah.

Serangan udara itu terjadi di wilayah Quneitra di barat daya Suriah, dekat Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel.

Israel mengeklaim Jahout merupakan perantara yang menyampaikan informasi dari sumber rezim Suriah ke Hizbullah di Lebanon.

Pengumuman serangan udara tersebut muncul beberapa jam setelah kepala militer Israel, Herzi Halevi, bersumpah untuk terus menggempur Hizbullah. Dia menyebut serangan akan terus berlanjut tanpa henti.

Secara historis, Hizbullah cukup mengandalkan Suriah sebagai sekutunya, diduga untuk mengangkut senjata dan peralatan lainnya dari negara bekingan mereka yakni Iran.

Iran dan Hizbullah juga merupakan sekutu terpenting bagi pemerintah Suriah dalam perang saudara di negara itu, yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade.

Sebelumnya pada Selasa (8/10), Israel melancarkan serangan udara menargetkan sebuah bangunan tempat tinggal di kawasan Mezzah di ibu kota Damaskus, Suriah

Mengutip sumber militer Suriah, laporan media pemerintah menyebutkan serangan udara Israel itu menewaskan tujuh warga sipil termasuk anak-anak serta perempuan. Sementara itu, 11 orang juga terluka imbas gempuran udara tersebut.

Media pemerintah Suriah juga melaporkan bahwa sistem pertahanan udara telah mencegat ancaman "musuh" di sekitar Damaskus.

Dikutip Reuters, Israel selama ini memang memiliki riwayat getol melakukan serangan ke Suriah terutama menargetkan beberapa situs milisi pro-Iran.

Serangan Israel ke Damaskus pun dikhawatirkan bakal semakin memperkeruh eskalasi dan memperluas peperangan di Timur Tengah.

Sumber : CNN 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel