Belajar dari Swiss, Jokowi Sebut Pentingnya RI Punya 'Country Image'

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara mengenai pentingnya country value sebuah negara. Indonesia membutuhkan hal ini supaya makin banyak orang yang mau berinvestasi.

"Sebuah negara itu perlu yang namanya country image, sama seperti perusahaan perlu membangun brand value yang baik," kata Jokowi dalam Kompas 100 CEO Forum, di Istana Garuda, IKN, Jumat (11/10/2024).

Jokowi mengatakan country image sama seperti brand value milik perusahaan. Dengan begitu, terbentuk trust atau daya tarik yang membentuk persepsi.

"Negara juga sama yang kita bangun selama 10 tahun kita berusaha membentuk global trust. Kepercayaan," kata Jokowi.

Ia mencontohkan seperti Swiss yang memiliki country image dikenal sebagai negara netral. Sehingga Swiss dijadikan safe haven oleh para investor untuk simpan dana maupun lembaga internasional yang berbondong-bondong untuk berkantor pusat di Swiss.

"Juga kalau lihat sebuah produk kalau ada tulisan made ini Japan, made in Germany yang ada dipikiran kita barang itu awet, barang tahan lama, barang bagus, mahal. Oleh sebab itu yang namanya country image itu penting tapi untuk membentuknya butuh waktu, butuh proses, butuh konsistensi baik dari pemerintah, swasta dan masyarakat," kata Jokowi.

Ia juga sudah melihat kepercayaan atau trust itu sudah mulai muncul di Indonesia. Hal ini terlihat dari FIFA dan FIBA yang mau membangun kantor di Jakarta.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel