Terbata-bata, Menteri Basuki Tahan Tangis Ucap Perpisahan dengan DPR

 

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Menteri (PUPR) Basuki Hadimuljono tak dapat menahan rasa haru saat ikut dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, hari ini, Senin (9/9/2024).

Disebutkan, raker ini menjadi raker terakhir Komisi V DPR RI dengan pihak pemerintah yang menjadi mitranya, termasuk Kementerian PUPR.

Rapat itu juga diikuti oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, Plt. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, dan Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan Basuki sebagai Menteri PUPR akan berakhir pada 20 Oktober 2024 mendatang, seiring dengan bergantinya pemerintahan yang akan dipimpin Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Dalam rapat itu, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mempersilahkan Menteri Basuki menyampaikan pernyataannya dalam rapat tersebut.

"Saya persilahkan pak basuki untuk menyampaikan sambutan di akhir masa sidang dan masa jabatan kami," kata Lasarus.


Basuki pun menyampaikan sambutan dan terima kasih kepada Komisi V DPR RI. 
"Bapak-bapak pimpinan, ibu, bapak anggota Komisi V DPR RI yang terhormat dan kami hormati, saya atas nama keluarga besar Kementerian termasuk balai-balai di seluruh provinsi mengucapkan terima kasih atas semua pengawasan yang bapak ibu berikan, atensi yang diberikan kepada Kementerian PUPR," katanya.

"Walaupun setiap berangkat rapat saya pasti mules, tapi ternyata Raker (rapat kerja) itu sangat membantu, sangat mendorong saya, khususnya sebagai menteri untuk koreksi kepada para pimpinan, eselon I kami. Untuk itu izinkan saya mengucapkan terima kasih," tambah Basuki sambil berdiri diikuti jajaran Kementerian PUPR, menundukkan badan di hadapan DPR.

Momen Menteri PUPR dan jajaran Kementerian PUPR menunduk mengucap terima kasih saat raker dengan Komisi V DPR RI, Senin (9/9/2024). Momen Menteri PUPR dan jajaran Kementerian PUPR menunduk mengucap terima kasih saat raker dengan Komisi V DPR RI, Senin (9/9/2024) 

Basuki melanjutkan ucapan perpisahan dengan meminta maaf.

"10 tahun berlalu kita bersama berkarya untuk membangun bangsa. Andai ada kata yang tidak sama, mohon maaf. Please, jangan dipendam selama-lamanya. Sakinah, mawaddah, warohmah, adalah harapan semua keluarga dan kita semua. Walaupun tiba saatnya kini kiat berpisah, semoga silaturahmi dapat tetap terjaga. Sekali lagi terima kasih atas semuanya," kata Basuki terbata-bata.

Basuki lalu terdiam menahan haru, kemudian menambahkan, "Tidak mudah membina hubungan kekeluargaan seperti di Komisi V ini, bapak. Apapun yang bapak-bapak sampaikan, kami rasakan memang ini baik untuk membangun kita semua. Terima kasih," ujar Basuki. 

Pernyataan Basuki itu pun mendapat sambutan tepuk tangan semua yang ada di ruang rapat tersebut. 

"Panjang cerita kita selama 10 tahun terakhir. Dan hubungan mendalam mengawal infrastruktur yang dibangun massif selama 10 tahun terakhir. Tidak mungkin pembangunan berjalan lancar kalau tidak ada saling support, saling dukung. Dan kami beri kesempatan luas kepada pemerintah," kata Lasarus menimpali. 

Dia pun bercerita dinamika rapat kerja yang harus mengalami penundaan atau pergantian jadwal secara tiba-tiba, juga soal para menteri dan kepala lembaga mitra Komisi V yang menelponnya, termasuk untuk mengganti jadwal rapat.

"Itu lah kunci kebersamaan, saling memahami, saling mengerti, saling peduli, dan saling jujur mengemban tugas dan tanggung jawab masing-masing. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Menteri PUPR Haji Basuki Hadimuljono," kata Lasarus.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel