Kasus 7 ABG Tewas di Kali Bekasi, Polisi Tegaskan Patroli Sudah Sesuai SOP

 

Jakarta - Tujuh orang remaja ditemukan tewas mengambang di Kali Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, diduga melompat ke sungai lantaran takut akan patroli kepolisian. 

Polda Metro Jaya menegaskan patroli tersebut dilakukan sesuai standard operational procedure (SOP).

"Ya, jadi setiap petugas yang melaksanakan tugas itu sudah dibekali dengan SOP ya. Dan saat peristiwa tersebut ada 4 orang warga yang diselamatkan oleh tim patroli perintis presisi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Kamis (26/9/2024).

Dia mengatakan saat kejadian, beberapa orang yang berlarian ke sungai menghindari polisi berhasil diamankan. Hal ini merupakan perlindungan kemanusiaan, pertolongan pertama di lokasi patroli.

"Saat proses mendatangi lokasi, kemudian beberapa orang yang di lokasi ada yang berlari ke arah sini, ada yang ke arah sana dan ada yang ke sungai. 4 orang ini diamankan diselamatkan," jelasnya.

"Jadi itu merupakan perlindungan kepada kemanusiaan, pertolongan pertama kepada korban, perlindungan terhadap keselamatan harta dan benda orang lain di lingkungan saat lokasi patroli. Itu menjadi prioritas dari setiap petugas kepolisian yang melaksanakan patroli," tambahnya.

Ade menjelaskan tugas Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dia menegaskan patroli dilakukan setiap hari oleh Polda Metro Jaya dan jajaran dalam menciptakan kamtibmas tersebut.

"Bahwa tugas dari Polri salah satunya adalah memelihara kamtibmas. Cara bertindak yang pertama kegiatan preventif atau penangkalan, yang kedua kegiatan preventif, yang ketiga kegiatan represif atau penegakan hukum. Patroli dilakukan setiap hari dan setiap saat oleh Polda Metro Jaya dan jajaran," tuturnya.

Dia menuturkan setiap bulan ada 12 ribu kali patroli dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Di data kami setidaknya rata-rata setiap bulan itu ada 12 ribu kali patroli. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, polisi ada di mana-mana 24 jam," jelasnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel