Begini Cara Rano Karno Atasi Macet dan Banjir di Jakarta Jika Terpilih

 

Jakarta - Bakal cawagub Jakarta, Rano Karno, mengungkap caranya mengatasi permasalahan banjir dan macet jika terpilih di Pilgub Jakarta. Menurut Rano, masalah banjir dan macet di Jakarta adalah masalah klasik.

"Artinya, memang sekarang drainase-drainase itu harus diperbesar. Kita tahu banjir itu kalau dibilang genangan, artinya bisa surut, artinya sekarang bagaimana kita bisa mempercepat surutnya itu," kata Rano Karno ketika berkunjung ke Kampung Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (2/9/2024).

Rano menilai banjir adalah permasalahan utama di Jakarta, terlebih ketika masuk musim hujan. Rano bercerita jika Jakarta kini tak mengalami banjir besar, seperti ketika 2007, namun ketika kemarau panasnya sangat hebat.

"Cuma sekarang kemaraunya luar biasa, berarti penghijauan kota, ruang terbuka hijau harus diperbanyak untuk menurunkan emisi rumah kaca yang dibilang karbon itu," jelasnya.

Selanjutnya, Rano juga mengatakan permasalahan Jakarta selain banjir adalah kemacetan. Menurut Rano, Jakarta punya penduduk 14 juta jiwa pada siang hari dan 9 juta pada malam hari.

"Kemacetan terjadi pada saat-saat maaf, jam kerja, datang, pulang, itu macet," katanya.

"Contoh soal, Lebaran, Jakarta kosong. Artinya ada potensi untuk merevitalisasi yang dibilang sistem ini. Karena yang namanya begini, Bang Yos (Sutiyoso) bikin busway, bayangin kalau dulu nggak ada busway, berhenti ini Jakarta, Bang Foke (Fauzi Bowo) bikin juga MRT segala macem, Ahok, kemudian Bang Anies," ungkapnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel