Video '7 Matahari' di Langit China Bikin Heboh

 

Jakarta - Video penampakan 7 matahari di langit Chengdu, China, ramai dibahas warganet hingga pengamat bintang di China. Video itu juga viral di media sosial (medsos).

Dalam video yang beredar, terlihat tujuh matahari itu berjejer berdampingan dan memiliki intensitas yang berbeda-beda.

Dilansir New York Post, Sabtu (24/8/2024), video itu direkam awal bulan ini oleh seorang wanita di sebuah rumah sakit (RS) di Chengdu. Septet atau tujuh matahari itu direkam videografer yang diidentifikasi sebagai Wang.

Wang mengatakan para penonton terpesona oleh pemandangan yang memukau, yang berlangsung sekitar satu menit dan terlihat dari berbagai sudut, demikian laporan Jam Press.

Namun, anomali meteorologi ini sebenarnya adalah ilusi optik yang disebabkan oleh cahaya yang dibiaskan melalui media tertentu - dalam hal ini, kaca berlapis dari jendela rumah sakit. Ketujuh matahari adalah gambar virtual yang dibuat oleh setiap kaca.

Video itu diambil pada 18 Agustus. Pembuat video, seorang warga Chengdu, menggambarkan bahwa ia melihat fenomena tersebut dari berbagai sudut, bahkan melalui kaca. "Pemandangan yang tidak biasa" yang berlangsung selama sekitar satu menit itu mendorong banyak penonton untuk mengabadikan peristiwa tersebut.

Dilansir Dimsum Daily Hong Kong, Wakil Presiden Masyarakat Astronomi Amatir Sichuan, Zeng Yang, mengatakan fenomena tersebut merupakan ilusi optik umum yang disebabkan oleh cahaya yang dibiaskan dan dipantulkan dari kaca berlapis.

"Setiap lapisan kaca tambahan menciptakan gambar virtual lainnya," jelas Zeng. "Terkadang, bahkan dengan panel kaca yang sama, jumlah gambar virtual dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang."

Laporan tersebut mencatat bahwa beberapa matahari dalam video tersebut tampak tegak dan tampak lebih redup, karakteristik yang konsisten dengan pantulan dan pembiasan cahaya yang menciptakan gambar virtual.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel