Setelah Gerbang Roboh, Begini Kondisi Terbaru Belakang Gedung DPR

 

Jakarta - Massa demonstran penolak RUU Pilkada makin memadati area gedung belakang DPR RI atau tepatnya di Gerbang Nusantara, Jalan Gelora, Senayan, Jakarta Selatan, pada Kamis sore, (22/8/2024). Sejumlah kelompok massa baru bahkan datang setelah gerbang dirobohkan.

Di lokasi pukul 15.41 WIB, kelompok massa yang baru datang berasal dari Universitas Trisakti. Mereka langsung bersatu dengan massa dari Universitas Trisakti yang sedari siang tadi sudah datang lebih dulu. Selain Trisakti, massa yang berdemo juga berasal dari Universitas Nasional.

Sebelumnya, massa di belakang gedung DPR merobohkan pagar besi besar yang ada di Gerbang Nusantara. Di hari biasa, gerbang ini biasa digunakan sebagai tempat masuk mobil.

Setelah dirobohkan, pendemo tidak merangsek masuk ke area DPR. Mereka bertahan di gerbang yang dirobohkan sambil bernyanyi lagu Tanah Air bersama-sama. Selain itu, mereka juga menyanyikan lagu lainnya.

Sejumlah mahasiswa juga menaiki gerbang yang roboh itu dan membacakan orasi yang menolak pengesahan RUU Pilkada. 

Mereka menuding Presiden Joko Widodo menggunakan DPR untuk melanggengkan kekuasaannya lewat revisi UU Pilkada yang mengangkangi putusan Mahkamah Konstitusi.

Tembok DPR penuh dengan corat-coret bertuliskan protes.

Demo di belakang gedung DPR adalah bagian kecil dari demonstrasi yang digelar massa buruh dan mahasiswa di depan gedung DPR. Selain itu, demonstrasi juga dilakukan di sejumlah kota lainnya, seperti Yogyakarta.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel