SBY dan Mega Tak Hadir Upacara HUT RI di IKN, Jokowi Menghormati

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati pilihan Presiden RI pendahulunya, yakni Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI di luar IKN. 

Ini adalah kali pertama upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI digelar Jokowi tanpa presiden pendahulunya.

"Ya karena beliau-beliau kan juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat yang berbeda," kata Jokowi usai upacara penurunan bendera di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/9/2024).

Jokowi tidak mempermasalahkan absennya SBY dan Mega dari upacara di IKN. Sebagaimana diketaui, Megawati menggelar upacara di markas PDIP di Jakarta Selatan. Adapun SBY menggelar upacara di Pacitan, Jawa Timur, tanah kelahirannya.

"Saya kira kita harus menghargai karena beliau-beliau juga merayakan hari Ulang Tahun Kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan. Saya kira merayakan di manapun sama," kata Jokowi.

Megawati menggelar upacara di Sekolah Partai PDIP, kawasan Lenteng Agung, Jaksel, tadi pagi. Dia berpidato menyoroti kondisi bangsa saat ini.

SBY sudah sejak lima hari sebelumnya dikabarkan tidak bisa hadir di IKN. Soalnya, tokoh Partai Demokrat itu menggelar upacara di Pacitan. Hal ini dikabarkan oleh putranya, Ketua Umum Demokrat yang juga Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel