Prabowo Mau Renovasi 22 Ribu Sekolah, Kontraktor Kecil Prioritas

 

Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto berencana melakukan renovasi terhadap puluhan ribu sekolah pada 2025. Anggaran yang disiapkan untuk program ini mencapai Rp 20,3 triliun pada RAPBN 2025.

"Revitalisasi sekolah telah disetujui oleh Presiden Terpilih dengan anggaran Rp 20,3 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Selasa, (27/8/2024).

Dia mengatakan perbaikan ruang sekolah yang rusak ini akan diampu oleh Kementerian PUPR. Adapun jumlah sekolah yang direnovasi ditargetkan mencapai 22 ribu sekolah.

"Target rehabilitasi sekolah mencapai 22 ribu," kata Sri Mulyani.

Dia mengatakan perbaikan sekolah ini tidak hanya akan berdampak pada kualitas pendidikan, namun juga pertumbuhan ekonomi di daerah. Dia mengatakan pemerintah akan memecah proyek rehabilitasi ini ke dalam paket-paket kecil. Sehingga, nantinya bisa dikerjakan oleh kontraktor lokal.

"Dari sisi program perbaikan ruang kelas dan sekolah yang kita antisipasi merupakan size konstruksi yang cukup kecil sehingga bisa dilaksanakan kontraktor lokal dan ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan penciptaan lapangan kerja," kata dia.

Kementerian Keuangan memperkirakan kebijakan ini akan berdampak terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 0,09 persen poin dan juga penyerapan tenaga kerja sebanyak 178 ribu orang.

Sumber : CNBC

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel