PKS Mendekat ke Koalisi Prabowo Cs, Jawab Nasib Anies di Pilgub DKI

 

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku saat ini lebih fokus berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta November mendatang. 

Opsi mendukung Anies Baswedan-Sohibul Iman saat ini cenderung tak lagi jadi prioritas.

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan mengusung pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman memang awalnya menjadi pilihan utama.

Namun Opsi ini menurutnya sudah lewat tenggat waktu yang diberikan yakni pada 4 Agustus lalu. PKS menganggap Anies tak kunjung dapat partai koalisi meski sudah diberi waktu sejak 25 Juni 2024.

"Ketika tenggat waktu 4 Agustus itu sudah lewat, maka opsi kedua inilah yang akan kami kaji. Kami bahas dan kita perdalam. Itulah kemudian pimpinan kami berkomunikasi dengan pimpinan parpol lain, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju," kata Kholid di Kantor DPP PKS, Sabtu (10/8/2024).

"Sekarang kita mendalami komunikasi di opsi yang kedua. Lebih mendalami opsi kedua ini dengan pimpinan KIM," imbuh Kholid saat ditanya lebih condong ke opsi yang mana.

Sejauh ini, KIM mengklaim akan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI Jakarta. KIM merupakan partai pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Dengan situasi tersebut, Kholid menegaskan PKS telah membangun komunikasi dengan KIM. Di sisi lain, partai Islam itu juga menyodorkan kader untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

Apalagi, sejak awal, PKS juga sudah memberikan nama Sohibul Iman sebagai duet Anies di Jakarta.

"Yang di opsi pertama itu kan ada AMAN (Anies-Sohibul). Di situ ada kader kami Bapak M Sohibul Iman. Dan sekarang di opsi yang kedua juga sama, kami mengusulkan apakah kader kami maju sebagai calon gubernur atau sebagai calon wakil gubernur," tutur Kholid.

"Jadi, keputusan yang tidak berubah sejak awal adalah karena aspirasi dari mandat warga Jakarta tertinggi itu di PKS. Karena kami pemenang pemilu, maka PKS memutuskan kadernya untuk maju sebagai calon gubernur atau sebagai calon wakil gubernur," imbuhnya.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel