Penampakan Puing-puing Rumah Hancur Akibat Ledakan Gas di Cengkareng

 

Jakarta - Ledakan gas ukuran 12 kilogram terjadi di rumah warga di Perumahan Taman Kencana, Cengkareng, Jakarta Barat. Dua rumah hancur, sementara 10 rumah tetangga dan musala terdampak akibat ledakan gas tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan ledakan bersumber dari rumah nomor 32, Jalan Kaliandra Blok C7 RT 007 RW 012, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, pada Kamis (1/8/2024), sekitar pukul 05.00 WIB.

"Telah terjadi ledakan di Perumahan Taman Kencana (sumber ledakan dari rumah nomor 32) yang mengakibatkan dua bangunan rumah hancur dan sekitar 10 rumah dan 1 musala terdampak ledakan tersebut," ujar Ade Ary dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (1/8).

Dari foto-foto yang diperoleh, tampak salah satu rumah hancur. Ini adalah rumah yang menjadi sumber ledakan.

Bangunan rumah dua lantai bercat putih itu hancur hingga tak berbentuk. Puing-puing bangunan berserakan di sekitar rumah.

Ledakan ini berdampak terhadap rumah tetangga di sekitar. Salah satu rumah warga bernama Sanusi (57) mengalami kerusakan pada bagian plafon rumah di lantai 1 dan 2 serta kaca-kaca pecah.

Rumah warga lainnya, M Abdi Irawan (40), mengalami kerusakan pada bagian pintu depan rumah, plafon atas dan bawah, kaca pecah, serta mobil Daihatsu Alya rusak.

Ada 7 orang di dalam rumah Abdi Irawan saat ledakan terjadi. Para korban mengalami luka lecet.

"Yang menempati rumah total 7 orang dengan rincian dewasa 4 anak kecil 3, luka luka-lecet akibat kejatuhan reruntuhan plafon dan kaca," katanya.

Selanjutnya, rumah Blok C7 Nomor 3 tidak berpenghuni, mengalami kerugian material berupa retaknya tembok rumah, rusaknya pintu utama, pecahnya jendela, dan rusaknya plafon. Begitu juga rumah milik Joel Kusuma (39) mengalami kerusakan pada kaca dan pintu di lantai atas dan bawah.

Sementara itu, rumah milik Adi Wijaya (41) mengalami kerusakan pada bagian genteng dan plafon bagian belakang rumah. Sementara rumah milik Edward (28) mengalami kerusakan pada bagian jendela, mobil Pajero mengalami kaca retak, dan mobil Toyota Rush penyok di bagian kap depan.

Kerusakan juga terjadi di Musala Miftahul Jannah. Plafon rubuh, kaca pecah, dan tembok retak akibat insiden tersebut.

Dua orang korban terluka dalam insiden ledakan gas tersebut. Kedua korban, ibu dan anak dilarikan ke rumah sakit.

"Korban luka pertama Rista, dirawat di RSUD Cengkareng. Kedua, anak Saudara Rista, dirawat di RS PIK," kata Ade Ary.

Tim Jibom Polda Metro Jaya diturunkan ke lokasi untuk mengecek kejadian ini. Hasil pemeriksaan Jibom, ledakan disebabkan oleh ledakan gas.

"Hasil penyelidikan dari pihak Jibom Polda Metro Jaya diduga ledakan tersebut akibat kebocoran dari tabung gas 12 kg," pungkasnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel