Pemilik Rumah Akses Ditembok di Jaktim Bakal Dimediasi dengan Pemilik Tanah

 

Jakarta - Heboh perselisihan antara Puji (49), warga RT 09 RW 09, Cililitan, Jakarta Timur, yang akses jalannya ditutup oleh pihak Sidik selalu pemilik tanah. Ketua RT setempat, Harsono mengatakan langkah mediasi akan kembali dilakukan terhadap kedua belah pihak.

"Nah itu besok (mediasi). Saya enggak ngerti tuh (solusi yang akan ditawarkan)," kata Harsono saat ditemui di rumahnya, Selasa (6/8/2024).

Harsono menjelaskan nantinya baik pihak Sidik maupun Puji akan diminta keterangan mengenai bukti-bukti terkait kepemilikan tanah oleh pihak Badan Pertanahan Nasional.

"Penilaian mereka-mereka itu nanti kan ditanya satu-satu. Istilahnya yang ini bagaimana gitu. Soalnya besok juga dari pertanahan diundang sama Pak Camat katanya," jelas Harsono.

Sementara soal solusi yang sempat muncul mengenai pembongkaran akses penutup jalan tersebut, Harsono menegaskan pihak jajaran kelurahan pun tidak punya kapasitas dalam melakukan pembongkaran di tanah milik Sidik yang sah.

"Nah hanya solusi nya kemarin gimana kalau mau dibayarin itu, cuma yang punya tanah boleh nggak dibeli atau yang dikasih jalan mau nggak beli, nah ini basa itu saya belum denger," sebut Harsono.

Dia juga mengungkap sejauh ini tanah yang menjadi akses jalan rumah Puji merupakan resmi milik Sidik sesuai Sertifikat. Dia pun menyebut untuk rumah milik Puji berdiri di atas tanah garapan.

"Ya enggak ada, ini (Puji) nggak ada. Yang ada dia (Sidik), ini (tanah) garapan," ujar Harsono.

Masuk Lewat Rumah Tetangga

Akses jalan pintu keluar sebuah rumah milik Puji (49) di Gang Jati, RT 09 RW 09, Cililitan, Jakarta Timur, tertutup tembok bangunan. Puji sekeluarga pun harus melalui rumah tetangganya untuk akses keluar masuk.

Di lokasi, Selasa (6/8), tampak sebuah tembok menutup akses jalan yang biasa digunakan oleh Puji dan keluarga. Penutupan tembok akses jalan rumah Puji ini pun viral di media sosial.

Benar saja, untuk bisa masuk, detikcom harus melalui rumah tetangga bernama Jasmi yang berada di sebelah rumah Puji.

Dari rumah Jasmi ini, detikcom harus melewati bagian ruang tamu dan juga kamar. Barulah ketika sampai di ruang dapur rumah Jasmi, akses ke pintu depan rumah Puji pun terlihat.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel