Ngeri! Kenali Modus Link Undangan - Akun Bodong Aplikasi buat Cegah Penipuan

 

Jakarta- Modus penipuan online kian hari makin beragam bentuknya. Para pelaku semakin pintar mencari akal demi bisa memanipulasi psikologis korban agar mendapatkan akses informasi tertentu yang seharusnya terbatas.

Mengutip laman CNBC Indonesia, ini dia rangkuman beberapa riwayat penipuan online hingga awal 2024.

Penipuan Modus Kurir

Penipuan ini jadi yang perdana yang viral dengan modus APK di akhir 2022. Salah seorang warganet membagikan pengalamannya yang menerima chat dari oknum penipu yang mengaku sebagai kurir jasa pengiriman. Dalam chat tersebut, penipu mengirimkan lampiran dengan nama file 'LIHAT Foto Paket' kepada korban, tetapi dalam bentuk apk.

Korban yang tak jeli mengklik file tersebut dan mengunduhnya. Alhasil, saldo mobile banking-nya pun raib.

File Undangan Nikah

Serupa dengan sebelumnya, aksi penipuan ini dilakukan melalui file apk yang dikirimkan melalui aplikasi chat. File apk berjudul 'Surat Undangan Pernikahan Digital' dikirim, berikut pesan yang isinya 'Kami harap kehadirannya'. Penipu pun mengajak korban untuk membuka file tersebut, dengan dalih agar korban mengecek apakah isi file tersebut benar ditujukan kepada korban.

Surat Tilang Palsu

Penipuan online modus kiriman file apk kembali berganti wajah lewat pengiriman surat tilang di WhatsApp. Aksi ini terungkap pada awal tahun 2023 lalu. Beberapa warganet mengunggah chat dari kontak yang mengaku sebagai kepolisian yang menyatakan penerima pesan sudah melanggar lalu lintas.

Pengirim juga meminta untuk membuka data berjudul 'Surat Tilang-1.0.apk' yang turut diunggah dalam pesan WhatsApp itu.

Akun Medsos Bodong

Akal bulus penipu tak hanya sampai di situ saja. Selain menggunakan file apk, mereka juga banyak menjebak korban dengan membuat akun media sosial palsu, yang asal 'nyamber' saat kamu mention brand tertentu di media sosial. Mereka menyasar pengguna aplikasi tertentu yang tengah menyampaikan keluhannya di media sosial, seperti X atau Instagram.

Selain keempat modus link penipuan ini, salah satu yang pernah terjadi adalah link palsu DANA Kaget yang disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Para pelaku biasanya mengarahkan korban untuk meng-klik link tertentu dengan menjanjikan Saldo DANA gratis.

Melihat penipuan yang terjadi terkait link-link palsu yang mencatat DANA Kaget ini, DANA pun mengeluarkan campaign #AwasJebakanBadman untuk mengimbau penggunanya untuk senantiasa berhati-hati.

DANA juga memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan biar terhindar dari modus penipuan yang bisa membawamu kena jebakan bad man tersebut.

Pertama, monitor. Bila ada orang tidak dikenal atau orang mencurigakan yang memberikanmu link DANA Kaget, perhatikan dulu dengan seksama link tersebut. Ingat, link DANA Kaget yang asli hanya yang berawalan https://link.dana.id/ ya. Selain ini, bisa dipastikan link yang lain itu palsu.

Kemudian, supaya kamu bisa semakin yakin dengan keaslian link DANA Kaget tersebut, kamu juga bisa melakukan konfirmasi lewat DANA Protection di aplikasi DANA. Kamu tinggal copy paste link tersebut dan keaslian link -nya pun akan bisa ketahuan. Selain itu, Di laman DANA Protection ini, kamu juga bisa lho mengecek nomor atau akun sosmed apakah benar dari DANA atau bukan.

Langkah selanjutnya yaitu jangan ragu untuk melaporkan via Aduan Nomor yang tertera di DANA Protection. Kamu akan langsung terhubungkan dengan layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kominfo). Dengan melaporkan hal ini, tentunya kamu tidak hanya membantu diri kamu saja, tetapi juga membantu pengguna DANA lainnya dari jebakan modus penipuan.

Biar semakin aman, kamu pun bisa mengikuti sederet tips terkait link DANA Kaget berikut ini ya!

  • DANA Kaget yang asli hanya bisa dibuka di aplikasi DANA bukan browser.
  • DANA Kaget asli bisa langsung diklaim di aplikasi DANA jika akun dalam status Log In.
  • Jangan download & install aplikasi DANA dari link yang dibagikan di grup pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram & lainnya.
  • Akun resmi media sosial DANA Cuma yang bercentang biru. Jangan terkecoh akun serupa lainnya ya.

Kamu juga diimbau untuk mengganti PIN segera jika terlanjur meng-klik link tidak jelas. Hal ini untuk menjamin keamanan selama bertransaksi menggunakan DANA. Selain itu, oknum tertentu yang meminta data pribadi kamu seperti PIN, Kode OTP, dan lainnya, abaikan saja karena ini merupakan modus penipuan.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel