Jakarta - Relawan Pro Jokowi (Projo) akan berkumpul di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memenuhi undangan dari Presiden Jokowi pada akhir Agustus 2024.

Bendahara Umum Projo Panel Barus mengklaim semua persiapan, mulai dari akomodasi dan konsumsi untuk para relawan tak memakai anggaran negara.

"Ini tentu dalam rangka memenuhi undangan dari bapak presiden, bahwa perjalanan ke IKN itu kami kelola sendiri saya pastikan kami kelola mandiri, tidak ada uang negara yang kita sentuh, itu kita lakukan secara mandiri, kita urus tiket sendiri, makan sendiri, buka dapur umum," kata Panel di kantor DPP Projo, Jakarta, Sabtu (3/8).

Panel menilai perjalanan relawan ke IKN sangat penting. Hal itu, kata dia, akan menjadi perjalanan spiritual untuk mereka.

"Kenapa begitu? Karena kita bersama Jokowi dari 2014 di akhir 2024 Oktober, kami mengawali dengan Jokowi sebuah harapan baru harapan Indonesia bisa berubah," ujarnya.

Menurutnya, dengan pembangunan IKN, Jokowi bisa persembahkan sebuah monumen titik tolak kemajuan bangsa. Ia berpandangan IKN merubah orientasi Jawa sentris jadi Indonesia sentris.

"Dengan IKN juga mengubah wajah ibu kota kolonialisme jaid sebuah ibu kota yang merdeka dan futuristik menjadi simbol kemajuan," ucap dia.

"Jadi saya pikir mendukung ini jangan kemudian berdebat dengan teknis pembangun IKN dipaksakan dan lain lain begitu, ada yang lebih penting," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi batal berkumpul dengan ratusan orang relawan pendukungnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 11 Agustus mendatang.

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan rencana pertemuan itu dijadwalkan ulang. Alasannya, relawan tak mau mengganggu persiapan Upacara 17 Agustus di IKN.

"Tadi pagi Pak Mensesneg Komunikasi dengan saya biar konsentrasi kita 17 Agustusan dulu. Saya juga sudah Komunikasi dengan teman-teman relawan, sudah kita jangan terpecah fokusnya," kata Budi Arie saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8).

Budi mengatakan relawan tetap akan berkumpul dengan Jokowi di IKN. Acara itu dijadwalkan di tanggal 25 atau 26 Agustus 2024.

Sumber : CNN 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel