Isi Obrolan Yasonna dengan Jokowi Lalu Mega Sebelum Dicopot dari Menteri

 

Jakarta - Yasonna H Laoly diganti dari jabatan Menteri Hukum dan HAM saat masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersisa 2 bulan lagi. Sebelum dicopot, Yasonna mengatakan dia telah bertemu dengan Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Yasonna telah menjabat Menkumham sejak Jokowi pertama kali menjadi Presiden pada 2014. Posisinya terus berlanjut hingga periode kedua Jokowi.

Pada Senin (19/8/2024), Jokowi merombak kabinet. Salah satu yang dicopot adalah Yasonna.

Jokowi mengangkat mantan Ketua Baleg DPR dari Fraksi Gerindra Supratman Andi Agtas sebagai Menkumham. Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Yasonna pun mengaku legawa atas pergantian ini. Dia mengaku awalnya ingin mengajukan pengunduran diri pada September 2024.

"Target saya ya sekitar tanggal 20-an (September), jadi 1 bulan sejak sekarang itu udah mengajukan surat pengunduran diri. So sudah sangat siap lahir batin," ujar Yasonna di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Senin (19/8).

Yasonna mengatakan dia sudah mengemasi barang-barangnya dari rumah dinas menteri. Yasonna mengatakan dia ingin mundur pada September untuk mempersiapkan diri sebagai anggota DPR RI. Pelantikan anggota DPR RI 2024-2029 digelar pada 1 Oktober 2024.

"Seharusnya saya pertengahan September saya sudah harus mengundurkan diri, saya sudah aman mengajukan pengunduran diri karena saya harus menyiapkan diri untuk segala surat-surat, dokumen, yang diperlukan untuk menjadi anggota DPR," ujarnya.

"Saya katakan lebih dari siap, bahkan saya sudah menyampaikan ke ajudan, ke beberapa staf saya, 'Do ready, siap, siap'. Barang-barang saya sudah sedikit kemas-kemas, iya kan," sambung Yasonna.

Sudah Bertemu Jokowi
Yasonna juga bercerita tentang momen dia dipanggil Jokowi sebelum reshuffle kabinet. Dia mengatakan dipanggil setelah Jokowi pulang dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Minggu (18/8) malam.

"Kemarin magrib, seusai salat magrib, saya bertemu Presiden RI Joko Widodo. Beliau memanggil saya dan saya sampaikan, baru beliau pulang dari IKN," tutur Yasonna.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel