Hasil Sepak Bola Olimpiade: Sapu Mesir, Prancis Lawan Spanyol di Final

 

Jakarta - Timnas Prancis U-23 mengalahkan Mesir dalam laga semifinal cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2024 di Stadion Lyon, Selasa (6/8) dini hari waktu Indonesia.

Prancis mencoba aktif menyerang sejak menit pertama. Pasukan Les Bleus menghasilkan peluang, namun masih bisa dimentahkan kiper dan lini pertahanan Mesir.

Tim tamu merespons balik dengan serangan yang merepotkan tuan rumah. Mesir membuat Prancis sadar harus bertahan dengan baik.

Pertandingan berjalan cukup hidup dengan saling tukar serangan. Prancis memiliki peluang terbaik pada babak pertama melalui sundulan Loic Bade yang membuat bola mengenai tiang gawang.

Setelah skor imbang tanpa gol pada babak pertama, Prancis menghadirkan penampilan yang lebih menekan pada babak kedua.

Tak cuma menyerang, Prancis juga mengurung pertahanan Mesir. The Pharaoh benar-benar dibuat kesulitan merancang serangan.

Setelah Alexandre Lacazette membuang peluang emas di kotak penalti, Prancis agak terlihat kendur. Mesir kemudian bisa menyerang.

Mohamed Elneny dan kawan-kawan tampak memahami kewajiban bermain efektif dan memaksimalkan peluang yang ada. Mahmoud Saber mencoba melepas tembakan, namun bisa diblok. Bola kembali diambil Saber dan kemudian kembali dilepaskan dengan tendangan kencang. Kali ini si kulit bulat masuk ke gawang tanpa bisa diantisipasi. Mesir memimpin 1-0 pada menit ke-62.

Setelah kebobolan, Prancis terus menerus mencoba menggedor pertahanan Mesir. Dalam sebuah momen, dua peluang Prancis mengenai bingkai gawang. Sundulan Lacazette membuat bola mengenai tiang, kemudian tandukan Bade mengarahkan bola ke mistar.

Prancis kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-83. Sebuah kerja sama yang baik ditampilkan lini serang tim Ayam Jago. Bola daerah dari Michael Olise dituntaskan Jean Philippe Mateta. Skor menjadi 1-1.

Saat injury time, ada kejadian handsball di kotak penalti Mesir. Wasit meninjau tayangan ulang, namun tidak memberi tendangan 12 pas untuk Prancis karena Omar Fayed dianggap didorong lawan.

Pertandingan berlanjut ke babak extra time. Satu menit lebih sedikit pada babak tambahan, Fayed mendapat kartu kuning kedua. Mesir pun harus bermain dengan 10 orang.

Prancis memimpin 2-1 pada menit ke-99. Mateta mencetak gol kedua dengan memanfaatkan assist dari Kiliann Sildillia yang berawal dari serangan bola mati.

Keunggulan Prancis bertambah pada menit ke-107. Michael Olise menuntaskan kerja keras Desire Doue yang sampai jatuh dan terkena hantaman bola.

Skor 3-1 menjadi hasil akhir laga yang memastikan Prancis melangkah ke final Olimpiade 2024 menghadapi Spanyol.

Susunan pemain inti Prancis vs Mesir:

Prancis: Guillaume Restes; Kiliann Sildillia, Loic Bade, Castello Lukeba, Adrien Truffert; Maghnes Akliouche, Andy Diouf, Joris Chotard; Michael Olise; Jean Philippe Mateta, Alexandre Lacazette.

Mesir: Hamza Alaa; Mahmoud Saber, Omar Fayed, Hossam Abdelmaguid, Karim El Debes; Mohamed Elneny, Ahmed Koka, Mohamed Shehata; Zizo, Osama Faisal, Ibrahim Adel.

Sumber : CNN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel