Hasil Manchester City vs Manchester United: The Citizens Juara Community Shield Lewat Adu Penalti

 

London – Manchester City meraih trofi Community Shield 2024 usai menang adu penalty 7-6 kontra Manchester United di Wembley, London, Inggris, Sabtu (10/8/2024) malam WIB.

Babak Pertama

Kedua tim memulai pertandingan dengan penuh kehati-hatian. Alhasil, tempo permainan menjadi cukup lambat. Man United memulainya dengan mencoba menguasai bola dengan passing-passing pendek. Mereka menunggu celah di pertahanan lawan. 

Tak ada peluang berbahaya yang diciptakan kedua tim sepanjang sepuluh menit pertama. Bola lebih banyak berkutat di area tengah lapangan. 

Selepas itu, Man City bermain lebih agresif. The Citizens mencoba mengancam dari sisi sayap. Peluang didapat klub berkostum biru langit itu pada menit ke-22 saat Oscar Bob berhasil menyusup ke dalam kotak penalti dari sisi sayap sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit. Sayang, arah bola masih melambung. 

Dua menit kemudian, James McAtee mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan Man City saat menerima umpan dan menembaknya dari jarak dekat. Sialnya, bola masih membentur tiang kiri Man United. 

Pada menit ke-36, giliran Man United yang menebar ancaman saat Marcus Rashford mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti lawan. Sayang, arah bola masih melebar di tiang kanan. 

Jelang turun minum, winger Man City Jeremy Doku menerima umpan brilian di dalam kotak penalti. Namun, lagi-lagi peluang itu terbuang karena tendangan pemain asal Belgia itu masih melebar. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Babak Kedua

Kedua tim bermain lebih agresif di babak kedua. Rashford mencoba melakukan solo run pada menit ke-47. Namun, dia gagal menghasilkan peluang karena berhasil dihentikan pertahanan lawan. 

Pada menit ke-54, para fans Man United sempat bersorak menyambut gol Bruno Fernandes. Sayangnya, gol itu dianulir karena gelandang asal Portugal itu dianggap dalam posisi offside. 

Pada menit ke-75, Man United kembali mendapat peluang gol saat Rashford menerima umpan akurat di dalam kotak 16. Dia melepaskan tembakan ke gawang. Sayang, Dewi Fortuna masih belum berpihak, bola masih membentur tiang kiri dan keluar. 

Meski begitu, akhirnya fans Man United benar-benar bisa bersorak menyambut gol Alejandro Garnacho pada menit ke-82. Menerima umpan dari Bruno Fernandes, pemuda Argentina itu menggiring bola dari sayap kanan ke tengah kotak penalti dan menendangnya ke bagian kanan gawang Man City. Kiper The Citizens Ederson sudah berusaha menghalau, namun kalah cepat dari laju bola. 

Gol itu membuat pertandingan menjadi semakin menarik. Man City merespons dengan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Man United. Hasilnya, tak butuh waktu lama, The Citizens berhasil menyamakan skor lewat Bernardo Silva (89’) usai memaksimalkan umpan Oscar Bobb. Skor 1-1 tak berubah hingga akhir pertandingan. 

Alhasil penentuan juara harus dilakukan melalui adu penalti. Sesuai tradisi Community Shield memang tak memainkan perpanjangan waktu. Jika skor imbang di waktu normal, maka akan langsung dilakukan adu penalti. 

Dalam babak tos-tosan itu, hanya satu penendang Man City, yakni Bernardo Silva yang gagal. Sementara Man United, ada dua algojonya yang tak berhasil menceploskan bola ke gawang lawan, yakni Jadon Sancho dan Jonny Evans. Alhasil, Man City berhak membawa pulang trofi Community Shield dengan skor 7-6. 

Susunan Pemain

MANCHESTER CITY (4-3-3) Ederson; Rico Lewis, Manuel Akanji, Ruben Dias, Josko Gvardiol; Nico O’Really (Matheus Nunes 63’), Mateo Kovacic, James McAtee (Bernardo Silva 80’); Oscar Bobb, Haaland, Jeremy Doku (Savinho 63’)
Pelatih: Pep Guardiola

MANCHESTER UNITED (4-2-3-1) Andre Onana; Diogo Dalot, Harry Maguire (Facundo Pellistri 58’), Jonny Evans, Lisandro Martinez; Casemiro, Kobbie Mainoo (Toby Collier 59’); Amad Diallo (Alejandro Garnacho 59’), Bruno Fernandes, Marcus Rashford (Jadon Sancho 83’); Mason Mount (Scott McTominay 58’)
Pelatih: Erik ten Hag

Sumber : inews

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel