Elektabilitas RK Vs Anies Vs Ahok di Pilgub Jakarta, Ini Pemenangnya

 

Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto akhirnya mulai buka-bukaan soal Pilgub DKI Jakarta 2024. Menurut Airlangga, mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil lagi on the way menuju Pilgub DKI Jakarta 2024.

"(Ridwan Kamil) On the way to DKI," ungkap Airlangga di Istana Negara, Senin lalu dikutip Sabtu (10/8/2024).

Majunya Ridwan Kamil ke Pilgub DKI Jakarta 2024 juga dipertegas Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya Sufmi Dasco Ahmad. Dasco memastikan politikus Partai Golongan Karya dan mantan Gubernur Jawa Barat itu akan maju di Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024-2029.

Dasco mengatakan RK akan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama Golkar, PAN, dan Demokrat. Dia juga mengatakan ada pula tambahan beberapa partai lain yang akan masuk koalisi tersebut.

"Insya Allah di KIM plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Lantas bagaimana persaingan Ridwan Kamil dengan calon kuat Gubernur DKI Jakarta lainnya seperti Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama?

Misalnya di Litbang Kompas, pada survei yang dilakukan pada 15-20 Juni 2024, peringkat elektabilitas tertinggi jatuh kepada Anies dengan raihan 39%. Sedangkan tempat kedua diduduki Ahok dengan persentase elektabilitas 34,5%. Nama Ridwan berada di posisi ketiga dengan mendapatkan persentase elektabilitas 24%.

Selain itu, ada survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia. Lagi-lagi survei itu memuat 3 besar yaitu Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil yang menjadi top of mind warga dalam memilih calon gubernur Jakarta.

Dalam survei yang dilakukan pada 18-26 Juni 2024 dengan wawancara tatap muka kepada 800 responden, Anies mendapatkan angka tertinggi yaitu 41,7%. Peringkat kedua ada Ahok yang mendapatkan persentase elektabilitas 27%. Sedangkan Ridwan Kamil dengan persentase 15,4%.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel