DPW PKS Ngotot Minta Sohibul Iman Harus Jadi Cawagub Anies di Pilkada Jakarta: Ini Harga Diri

 

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera atau DPW PKS Jakarta Khoirudin menyatakan partainya memprioritaskan mantan Presiden PKS Sohibul Iman untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta.

Sebagai partai dengan kursi DPRD terbanyak, Khoirudin menyampaikan, kader PKS minimal menjabat sebagai wakil gubernur. 

"Kami bertahan untuk tetap mengusung Sohibul Iman karena kami menang. Ini harga diri. Simbol politik kami ada di gubernur atau wakil gubernur. Kalau enggak ada dua-duanya, apa kata dunia?" kata Khoirudin saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2024.

Wakil Ketua DPRD Jakarta itu menegaskan bahwa salah satu cara untuk mengamankan posisi PKS adalah dengan mengusung Sohibul Iman sebagai pendamping Anies Baswedan. "Enggak ada gantinya. Harus Sohibul Iman. Harus jatah PKS," ujar Khoirudin. 

Khoirudin mengusulkan opsi lain, yakni rekruitmen Anies ke dalam keanggotaan partai politik lain sehingga dapat berkoalisi dengan mudah bersama PKS. "Atau, Pak Anies pakai jaket PKS saja, kami lepas wakilnya," tuturnya. 

Lebih lanjut, Khoirudin menginginkan agar koalisi untuk mendukung Anies di Jakarta dapat segera terbentuk. Dia juga mengaku bahwa pengusungan Sohibul Iman menjadi salah satu permasalahan yang dibahas saat penjajakan dengan partai lain. 

"Masalahnya, kami kan pemenang, kami kan harus minimal dapat wakil gubernur. Kalau gubernur enggak dapat, wakilnya harus dapat. Kalau enggak, apa kata dunia?" ucapnya. 

Terpisah, juru bicara PKS, Pipin Sopian, mengatakan, partainya tidak akan mengubah peta pencalonan, pasangan calon yang bakal diusung di Pilkada Jakarta adalah Anies Baswedan dan Muhammad Sohibul Iman.

"Surat Keputusan rekomendasi dukungannya sudah diterbitkan Dewan Pimpinan Pusat partai," kata Pipin kepada Tempo melalui pesan singkat, Rabu, 7 Agustus 2024.

Sumber : Tempo 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel