Cak Imin Unggah Foto Bareng Anies di Medsos, PKB Jelaskan Maksudnya

 

Jakarta - Ketum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memposting foto dirinya dengan Anies Baswedan di media sosial. Foto ini kemudian mendapat berbagai respons dari masyarakat.

Wasekjen PKB, Syaiful Huda mengatakan tidak ada makna khusus dari postingan tersebut. Dia menyebut unggahan Cak Imin itu murni bentuk persahabatan sekaligus menonjolkan nilai-nilai politik tokoh NU.

"Ya kan sama-sama berteman. Gini, prinsip di NU itu berbeda, sekeras apa pun sikap politik tidak boleh melukai persahabatan, tidak boleh lalu merendahkan persahabatan. Saya kira tidak ada yang salah dari postingan Cak Imin karena itu value NU," ucap Huda kepada wartawan di kantor DPP PKB, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024).

"Di NU itu kiai berbeda pandangan, berbeda menghukumi sesuatu, itu biasa. Hubungan kemanusiaan, hubungan persahabatan tetap jalan. Saya kira beliau berdua sangat dekat, terlebih saat Pilpres bersamaan. Jadi semua saling memahami. Posisi Cak Imin sebagai apa dan Anies sebagai apa," sambungnya.

Dia juga menekankan tidak ada makna menyangkut urusan langkah politik dari postingan tersebut. Dia menilai Cak Imin dan Anies sama-sama memiliki ruang yang sama dalam berpolitik.

"Tidak ada. Sekali lagi, sepenuhnya punya ruang masing-masing. Cak Imim sebagai Ketum PKB harus lebih keras lagi memenangkan Pemiu 2029 yang akan datang. Jadi cara pandang itu. Sebeda apa pun, sekerasa apa pun, kita tetap persahabatan dijaga," ujarnya.

Seperti diketahui, Ketum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengunggah foto bersama mantan rekan duetnya di Pilpres 2024, Anies Baswedan. Cak Imin mengatakan mereka saling mengerti kondisi masing-masing.

Foto itu diunggah di akun X @cakiminNOW, Jumat (30/8/2024). Keduanya berdiri berhadapan dan terlihat tengah berdiskusi di teras rumah.

"Kami saling mengerti dan memahami kondisi dan keadaan masing-masing," tulis Cak Imin.

Cak Imin menyinggung kaidah muqoddamun. Dia juga mengharapkan rida Allah.

"Kami tau ada kaidah muqoddamun. Semoga Allah meridloi kita semua," imbuhnya.

Bendum PKB, Bambang Susanto, mengatakan foto tersebut diambil saat masa pilpres. Dia menyebut foto yang diunggah merupakan foto lama.

"Ya waktu sebelum pilpres. Atau saat pilpres. (Foto) lama itu," ujarnya.

Sumber : detik 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel