Bertemu Cak Imin, Kaesang Harap PKB Koalisi di Pilkada DKI dan Jateng

 

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berharap PKB dan PSI bisa berkolaborasi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta dan Jawa Tengah 2024. 

Hal ini ia sampaikan usai bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (6/8) siang.

"Saya berharap PSI bisa berkolaborasi lagi nanti di Jawa Tengah maupun di DKI," kata Kaesang.

Kaesang mengatakan PKB dan PSI sudah sepakat berkoalisi di Pilkada Blora, Lamongan, dan Cilacap. Ia pun mengucapkan terima kasih karena telah diterima jajaran DPP PKB pada hari ini.

Di tempat yang sama, Cak Imin mengakui pertemuannya dengan Kaesang membahas soal peluang koalisi di Pilkada 2024. Ia menyambut berbagai tawaran kerja sama di beberapa tempat.

"Untuk detail kerja sama nanti akan dua pihak Desk Pilkada yang menangani. Ada Pak Daniel (Daniel Johan) dan dari PSI ada Pak Andy Budiman yang akan melakukan pembicaraan detailnya. Saya kira itu," kata dia.

Cak Imin mengatakan PKB masih mematangkan sosok yang akan didukung PKB di Pilkada DKI Jakarta. Ia mengatakan diskusi dengan PSI hari ini sebagai salah satu proses pematangan.

"Tentu dengan diskusi dengan PSI salah satu proses pematangan. Dengan PSI belum detail karena Mas Kaesang menunggu istikharah. 'Terus gimana DKI atau Jateng?' Ya nanti menunggu istikharah," ucapnya.

Menurut Cak Imin, PKB tak masalah kerja sama dengan PSI di pilkada mana saja. Namun,dia mengklaim belum mengetahui soal wacana Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus di Pilkada Jakarta.

"Sampai saat ini saya enggak ngerti KIM Plus apa. Kalau sudah Pilkada itu semua pihak sama," kata Cak Imin.

"Kim ada, Jong Un. Kimchi, enggak ada," selorohnya yang disambut tawa.

Sebelumnya, Partai Gerindra memiliki wacana untuk membentuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan politisi Golkar Ridwan Kamil akan maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Ia mengatakan RK akan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berisikan Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat dan PSI.

Dia juga mengatakan ada tambahan beberapa partai lain yang akan masuk koalisi tersebut. Namun, Dasco belum mau mengungkap sosok partai tambahan yang akan tergabung di dalamnya.

Sumber : CNN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel