AS-Israel Ribut! Biden Sebut Netanyahu Tak Tahu Terima Kasih

 

Jakarta - Seorang pejabat senior dalam pemerintahan Presiden Joe Biden mengungkapkan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dianggap tidak tahu berterima kasih kepada AS dan mengabaikan bantuan signifikan yang telah diberikan selama 10 bulan terakhir dalam perang di Gaza.

Pejabat tersebut menggambarkan dua percakapan terakhir antara Biden dan Netanyahu satu di Gedung Putih sekitar 10 hari yang lalu, dan satu lagi melalui telepon pekan lalu -sebagai percakapan yang sulit dan tegang.

"Biden menyadari bahwa Netanyahu berbohong kepadanya tentang para sandera," kata pejabat tersebut kepada Haaretz, sebagaimana dikutip Al Jazeera, Minggu (4/8/2024).

"Dia belum mengatakannya secara terbuka, tetapi dalam pertemuan di antara mereka, dia secara spesifik mengatakan kepadanya, 'Berhenti membual kepada saya.'"

Pejabat itu mengatakan AS sedang bersiap membantu Israel menghadapi tanggapan dari Iran dan Hezbollah atas pembunuhan di Beirut dan Teheran pekan lalu, namun menekankan bahwa tidak akan ada dukungan untuk tindakan yang memperluas konflik lebih jauh.

"Netanyahu mencoba memperpanjang perang daripada fokus pada bagaimana mencapai kesepakatan sandera," kata pejabat tersebut. "Ini membuat kami semakin sulit untuk terus mendukung Israel dalam jangka panjang."

Haaretz menulis bahwa Perdana Menteri Israel menanggapi laporan tentang diskusi tegang dengan Biden melalui siaran pers dari kantornya.

"Perdana menteri tidak ikut campur dalam politik Amerika dan akan bekerja dengan siapapun yang terpilih sebagai presiden, sebagaimana dia juga mengharapkan orang Amerika tidak ikut campur dalam politik Israel."

Persiapan Perang

Sementara itu, AS juga sedang mengerahkan kekuatan militer tambahan di Timur Tengah sebagai langkah defensif untuk meredakan ketegangan di wilayah tersebut. Hal itu diungkapkan langsung oleh seorang pejabat Gedung Putih.

Ketegangan regional meningkat setelah pembunuhan Ismail Haniyeh, pemimpin kelompok Islam Palestina, Hamas, di Teheran pada Rabu (31/7/2024), sehari setelah serangan Israel di Beirut yang menewaskan Fuad Shukr, seorang komandan militer senior dari kelompok Hizbullah Lebanon. Kedua kelompok tersebut didukung oleh Iran.

Ada kekhawatiran bahwa perang Israel melawan militan Palestina di Gaza, yang dimulai Oktober lalu setelah serangan terhadap negara Yahudi, bisa meluas menjadi konflik Timur Tengah yang lebih luas.

Iran dan Hamas menyalahkan Israel atas pembunuhan Haniyeh di ibu kota Iran, dan bersama dengan Hizbullah, mereka berjanji akan membalas dendam. Israel belum mengeklaim atau menyangkal tanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Pentagon mengatakan mereka akan mengerahkan tambahan jet tempur dan kapal perang Angkatan Laut ke wilayah tersebut.

"Tujuan keseluruhan adalah untuk menurunkan suhu di kawasan ini, mencegah dan mempertahankan diri dari serangan tersebut, dan menghindari konflik regional," kata Jonathan Finer, wakil penasihat keamanan nasional Gedung Putih, dalam program "Face the Nation" di CBS.

Amerika Serikat dan Israel mempersiapkan setiap kemungkinan, tambah Finer. Ada "hampir terjadinya" konflik regional pada bulan April, kata Finer, ketika Iran meluncurkan serangan ke wilayah Israel dengan drone dan rudal setelah yang disebutnya serangan Israel di konsulatnya di Damaskus pada 1 April yang menewaskan tujuh perwira Korps Pengawal Revolusi Islam di ibu kota Suriah.

AS ingin siap jika situasi seperti itu muncul kembali, tambah Finer.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel