Analisis Bos PPI soal Sosok Plt Ketum Golkar Pengganti Airlangga

 

Jakarta - Ada 12 Waketum Partai Golkar yang berpotensi menjadi Plt Ketum usai Airlangga Hartarto mundur. Parameter Politik Indonesia (PPI) mengatakan semua waketum itu sangat layak memimpin Golkar.

"Gelap gulita (siapa yang terkuat). Susah menebak siapa kandidat kuat Plt Ketum. Karena waketum Golkar itu semuanya sangat layak. Penentuan siapa plt tentu tergantung pleno Golkar," kata Adi Prayitno kepada wartawan, Senin (12/8/2024).

Adi Prayitno menyebut Golkar sulit ditebak. Dia kemudian berbicara soal Plt Ketum nantinya akan dipilih berdasarkan garis tangan.

"Golkar partai modern. Kadang sosok yang diprediksi kuat sejak awal, kerap dijagokan menang, belum jaminan terpilih. Begitupun dengan Plt Ketum golkar, tak ada yang bisa memastikan siapa yang kuat," katanya.

"Banyak yang bilang Doli kuat, ada yang bilang AGK (Agus Gumiwang) juga kuat, ada juga yang menyebut nama Adies, Nurul Arifin, Bamsoet leading dan seterusnya. Itu omongan media dan netizen. Tapi secara prinsip semua waketum sangat layak. Nasib dan garis tanganlah jadi penentu segalanya untuk jadi plt," sambungnya.

Lebih lanjut, dia menyebut Plt Ketum Golkar nantinya akan diisi oleh sosok yang bisa diterima semua pihak. Adi Prayitno mengatakan pemimpin Golkar harusnya bisa membawa kemenangan di Pilkada 2024.

"Secara umum, Plt Ketum Golkar harus diterima dan disupport semua faksi di golkar tentu untuk mengonsolidasi golkar mengjadapi persiapan pergantian ketum golkar. Ini semua agar Golkar makin kondusif menghadapi pilkada serentak nantinya," ujarnya.

"Plt Ketum Golkar tergantung garis tangan dan takdir. Itu saja kuncinya. Karena semua Waketum potensial dan kompeten," tambahnya.

Diketahui, Plt Ketum Golkar nantinya akan diisi oleh salah satu Waketum. Diketahui ada 12 waketum di partai logo pohon beringin tersebut.

Berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Golkar Nomor Skep-418/DPP/GOLKAR/IX/2021, ada 11 Waketum Partai Golkar. Berikut ini daftarnya.


1. Waketum Madya, Bambang Soesatyo
2. Waketum Bidang Perekonomian, Agus Gumiwang K
3. Waketum Bidang Hukum, Adies Kadir
4. Waketum Bidang Kepartaian, Kahar Muzakir
5. Waketum Bidang Pratama, Nurdin Halid
6. Waketum Bidang Hubungan Kelembagaan, Melchias Markus Mekeng
7. Waketum Bidang PP, Ahmad Doli Kurnia
8. Waketum Bidang Badan Bencana Alam, Firman Soebagyo
9. Waketum Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa
10. Waketum Bidang Kesejahteraan Rakyat, Hetifah Sjaifudian
11. Waketum Bidang Komunikasi dan Informasi, Nurul Arifin
12. Waketum Bidang Penggalangan Pemilih, Ridwan Kamil

Namun, pada Januari 2023, Airlangga Hartarto juga mengangkat Ridwan Kamil menjadi waketum. Ridwan Kamil menyebut dirinya diberi posisi waketum bidang penggalangan pemilih.

"Saya sebenarnya tidak meminta, yang penting terserah Pak Airlangga, tapi Pak Airlangga berbaik hati menempatkan saya posisinya wakil ketua umum di penggalangan pemilih dan co chair bappilu," kata Ridwan Kamil di DPP Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel