Teguh Bakal Dilantik Jadi Walkot Solo Gantikan Gibran Jumat Besok

 

Solo - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa bakal dilantik sebagai Wali Kota Solo menggantikan Gibran Rakabuming Raka yang mengundurkan diri, Jumat (19/7) besok. Begini penjelasan pihak DPRD Solo.

"Bukan dibatalkan (rapat paripurna) tapi di-pending atau ditunda. SK pemberhentian dan pengangkatan Wakil Wali Kota itu dari Mendagri dilewatkan ke Provinsi, dari Provinsi menghendaki pelantikan dipercepat dari schedule awal tanggal 23 Juli, Provinsi menghendaki besok malam pelantikan Pak Teguh sebagai Wali Kota," kata Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto, Kamis (18/7/2024).

Sugeng mengungkapkan, pelantikan Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Solo akan dilakukan pada Jumat (19/7) malam sekira pukul 19.00 WIB. Mengenai mekanisme ini, Sugeng menyebut bisa dilakukan paripurna terlebih dahulu atau dilantik terlebih dahulu.

"Iya dibalik, yang harus diparipurnakan mengundurkan diri. Dan paripurna selanjutnya pembacaan SK dari Kementerian Dalam Negeri melalui Provinsi tentang diterima pengunduran Wali Kota plus pengangkatan Wakil menjadi Plt sekaligus Wali Kota," jelasnya.

Menurutnya, pembacaan SK Kemendagri bisa dilakukan setelah pelantikan atau sebelum pelantikan. Dirinya mengaku tidak tahu alasan Provinsi melantik Teguh Prakosa sebagai Wali Kota terlebih dahulu.

"Sosialisasi atau pembacaan pengunduran diri dan pengangkatan bisa dilakukan setelah atau sebelum itu opsional saja. Alasannya kami nggak tahu, itu yang tahu Provinsi, yang menghendaki Provinsi ya. Kami di Kota menyesuaikan jadwal di Provinsi," pungkasnya.

Prabowo Juga Mundur dari Menhan
Diketahui, Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo. Surat pengunduran diri tersebut sudah diserahkan secara langsung ke Ketua DPRD Solo.

"Terima kasih teman-teman media, hari ini kami mengantarkan surat pengunduran diri kepada Bapak Ketua DPRD Kota Surakarta, selanjutnya agar diproses sesuai mekanisme yang ada," kata Gibran di Gedung DPRD Solo, Selasa (16/7).

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel