Sanca di Pohon Tinggi Buat Takut Warga Jakut, Damkar Manjat-Tebang Dahan

 

Jakarta - Kemunculan ular sanca di dahan pohon yang tinggi membuat takut warga di Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut). Warga lantas melapor ke hotline Jakarta Siaga yang dilanjutkan ke petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk evakuasi.

Video momen evakuasi sanca itu diunggah di akun Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, @humasjakfire. Terlihat ular sanca itu berada di dahan yang posisinya cukup tinggi di pohon tersebut.

"Menurut pelapor yang merupakan seorang pengendara ojek online yang sedang melintas, ular pertama kali terlihat di atas pohon. Kemudian, karena dikhawatirkan membahayakan warga, Ia berinisiatif menelepon Jakarta Siaga 112," demikian keterangan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Ular sanca itu melingkar di dahan pohon yang berlokasi di Jalan Sunter Kirana Raya, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Terlihat ada petugas damkar yang memanjat pohon yang berada di pinggir jalan itu.

Dalam video juga terlihat lalu lintas di Jalan Sunter Kirana Raya ditutup untuk sementara waktu selama proses evakuasi sanca berlangsung. Tak ada kendaraan melintas di ruas jalan itu.

Operasi penyelamatan dilakukan mulai pukul 14.51 WIB. Damkar Jakut mengerahkan 1 unit mobil dan 4 personel dalam operasi penyelamatan itu. Petugas damkar lalu menebang dahan lokasi ular piton itu berada.

Dahan lalu jatuh ke jalan. Anggota damkar yang berada di bawah pohon lalu bergerak untuk mengevakuasi ular menggunakan tongkat penangkap (grab stick).

Ular sempat kabur saat hendak ditangkap pakai grab stick. Petugas damkar lalu memegang ekor sanca.

Suasana menjadi ramai saat ular membalikkan kepala dan hendak mematuk petugas damkar yang memegang buntutnya. Setelah sempat menghindar berputar-putar, petugas damkar akhirnya dapat mengevaluasi sanca tersebut.

Proses evakuasi berlangsung sekitar 30 menit atau selesai pukul 15.21 WIB. Ular yang dievakuasi tersebut memiliki panjang sekitar 2 meter.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel