Ratusan Buruh Pabrik Garmen Pati Keracunan, Dinkes Curigai Sayur Asem

 

Pati - Dinas Kesehatan Kabupaten Pati mengambil sampel makanan yang diduga menyebabkan ratusan karyawan pabrik garmen mengalami keracunan. 

Ratusan karyawan tersebut mengalami gejala keracunan usai menyantap nasi sayur asem dan panggang tongkol.

"Nasi sayur asem sama panggang tongkol," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Aviani Trianti Venusia kepada wartawan di Pati, Kamis (17/7/2024).

Aviani mengaku telah mengambil sampel makanan yang disantap karyawan pabrik garmen yang berada di Jalan Pati-Kudus Margorejo tersebut. Baik makanan setelah istirahat makan siang dan setelah makan siang di kantin.

"Kita sudah ambil sampel, baik sampel makanan, karena kejadian setelah istirahat makan siang bersama sekitar jam 12," jelasnya.

Aviani belum tahu secara pasti penyebab ratusan karyawan pabrik garmen mengalami keracunan makanan. Karena sampel makanan baru dikirim ke labkes Provinsi Jawa Tengah. Hasilnya baru diketahui sekitar sepekan sampai dua pekan ke depan.

"Seminggu-dua minggu, tapi kalau bisa dipercepat kita minta percepat," jelasnya.

"Kita belum bisa memastikan tapi curiga ke arah situ (makan sayur asam sama tongkol). Kepastian kita tunggu sampel apakah mengandung bahan-bahan yang menimbulkan keracunan apa tidak," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya jumlah karyawan pabrik garmen yang diduga keracunan makanan bertambah menjadi 300 orang sebelumnya 200 orang. Mereka ada yang dirawat jalan dan inap di sejumlah rumah sakit.

"Sudah ada update lagi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Aviani Trianti Venusia lewat pesan singkat, Rabu (17/7/2024).

Dari data yang diterima jumlah karyawan pabrik yang terletak di jalan Pati Kudus tepatnya Margorejo itu sekarang menjadi 305 orang. Sebanyak 298 orang mengalami mual dan pusing. Lalu sebanyak 54 orang mengalami nyeri dan muntah.

"Sebanyak 263 rawat jalan dan 40 karyawan rawat inap dan 2 karyawan observasi," terang dia.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel