PM Papua Nugini Sampaikan ke Jokowi Ingin Bertemu Prabowo, Ada Apa?

 

Jakarta - Perdana Menteri Papua Nugini James Marape mengungkapkan dirinya ingin bertemu dengan presiden terpilih 2024 - 2029 Prabowo Subianto. 

Guna memberikan rasa hormatnya kepada Prabowo yang akan menjadi pemimpin Indonesia 5 tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan, PM Marape saat Joint Press Statement bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Bogor, Senin (15/7/2024).

"Tuan presiden (Jokowi), saya menantikan kunjungan saya untuk memberikan rasa hormat kepada Presiden yang akan datang, nanti hari ini," kata Marape.

Ia meyakini kerja sama antar kedua negara akan terus berlanjut hingga pemerintah berikutnya.

"Namun seiring dengan pelantikan presiden baru pada akhir tahun ini, kami akan melanjutkannya dengan semangat yang sama untuk membangun hubungan Indonesia dan Papua Nugini, yang kuat dan menjaga aspek hubungan lebih ke ekonomi, perdagangan," katanya.

Marape juga menantikan lebih banyak investor dari Indonesia untuk melakukan bisnis di Port Moresby di Papua Nugini. Begitu juga sebaliknya.

"Demikian pula kami telah mendiskusikan agar lebih banyak produsen di Papua Nugini juga diekspor ke pasar besar di Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan itu Marape juga memberikan pujian kepada Jokowi. Kunjungannya kali ini juga untuk memberikan penghormatan kepada Jokowi di penghujung masa jabatannya.

"Beliau (Jokowi) telah membuat pernyataan yang luar biasa bagi Indonesia dan kawasan kita karena kita berdua hidup di kawasan Asia - Pasifik di masa lalu," katanya.

Ia juga mengatakan ke depannya banyaknya peluang dan tantangan yang bakal dihadapi kedua negara. Tantangan yang ada berupa perubahan iklim, hingga terkait kehidupan manusia.

"Kami memberikan komitmen dalam dialog semacam ini bahwa kami akan bekerja sama untuk mengatasi kedua tantangan tersebut di masa depan," katanya.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel