Pertamina Jadi Tulang Punggung Produksi Minyak RI, Ini Bukti Terbaru

 

Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) rupanya telah menjadi tulang punggung produksi minyak nasional. Hal tersebut dapat terlihat dari kontribusi perusahaan terhadap produksi migas domestik selama ini.

Direktur Utama PHE Chalid Said Salim membeberkan sepanjang 2023 lalu misalnya, perusahaan telah menyumbang 68-69% produksi minyak nasional, dan 34% produksi gas di tanah air.

"Gambaran saat ini bahwa produksi migas untuk minyak kita sekitar 68-69% dari produksi nasional. Untuk gas itu sekitar 34% dari produksi nasional," kata dia dalam acara Energy Corner, dikutip Selasa (23/7/2024).

Menurut Chalid untuk mendukung produksi migas nasional tetap optimal, pihaknya mempunyai berbagai macam strategi. Mulai dari pengembangan lapangan melalui infill drilling hingga kegiatan work over sumur yang cukup masif.

"Itu cukup masif di tahun 2023 dan kita bisa lihat juga di 5 tahun ke depan, rencana jangka panjang kami juga itu mencerminkan bahwa kita cukup agresif di dalam pekerjaan," kata dia.

Chalid menyebut di dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), kontribusi Pertamina di dalam produksi minyak nasional ditargetkan dapat mencapai 75%.

"Kalau dari RJPP itu kita kelihatan, mungkin sekarang tadi saya sebut sekitar 68-69% minyak dari produksinya. Harapannya di 2029 nanti sampai mencapai angka sekitar 75% dari produksi nasional," ujarnya.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel