Kata PSI soal Elektabilitas Kaesang 1% di Jakarta Versi Litbang Kompas

 

Jakarta - Survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan elektabilitas Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebesar 1% di Pilgub Jakarta. PSI DKI Jakarta tak memusingkan hasil elektabilitas tersebut lantaran belum ada keputusan final terkait pencalonan di Pilgub Jakarta.

"Kami di DPW PSI DKI Jakarta mengetahui mengenai hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan elektabilitas Mas Kaesang di DKI Jakarta saat ini. 

Terkait dengan pencalonan Mas Kaesang di Pilkada Jakarta, kami ingin menyampaikan bahwa situasi ini masih bersifat dinamis dan belum ada keputusan final," kata Ketua DPW PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Meski begitu, Elva mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan situasi politik di Jakarta. Dia menyebut PSI juga masih intens menjalin komunikasi politik dengan parpol lain mengenai pencalonan di Pilgub Jakarta.

"Saat ini, kami terus memantau dan menganalisis berbagai dinamika yang terjadi, serta melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa kandidat yang akan diusung oleh PSI adalah yang terbaik dan paling siap untuk memimpin Jakarta," ujar Elva.

"Kami juga terus mendengarkan aspirasi masyarakat dan berupaya untuk merumuskan solusi yang efektif dan berkelanjutan bagi permasalahan yang ada," imbuh dia.

Elva menekankan pihaknya tetap optimistis dapat memenangkan Pilgub Jakarta dengan jagoan yang didukungnya nanti. "Kami tetap optimis dan percaya bahwa dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, kami dapat meningkatkan dukungan dari masyarakat dan menghadirkan pemimpin yang benar-benar mampu membawa Jakarta ke arah yang lebih baik," kata Elva.

Survei Litbang Kompas

Diketahui Litbang Kompas melakukan survei elektabilitas sejumlah tokoh jelang Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya, elektabilitas dua mantan Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ada di posisi teratas.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, seperti dilihat pada Selasa (16/7), survei ini ini dilakukan pada 15-20 Juni 2024. Responden sebanyak 400 orang dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di Jakarta.

Margin of error survei Litbang Kompas ini kurang lebih 4,9% dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Tingkat kepercayaan survei elektabilitas bakal calon gubernur Jakarta ini sebesar 95%.

Berikut urutan elektabilitas tokoh di Pilgub Jakarta berdasarkan survei Litbang Kompas:

1. Anies Baswedan 29,8%
2. Basuki Tjahja Purnama atau Ahok 20,0%
3. Ridwan Kamil 8,5%
4. Erick Thohir 2,3%
5. Sri Mulyani 1,3%
6. Andika Perkasa 1,0%
7. Kaesang Pangarep 1,0%
8. Heru Budi Hartono 1,0%
9. Tri Rismaharini 1,0%
10. Lainnya 4,3%
11. Tidak tahu/tidak jawab 30,0%

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel