Jokowi Terbang ke Abu Dhabi Demi Bertemu MBZ, Ini Hasilnya

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjalani pertemuan bilateral dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Ada empat poin penting dalam pertemuan itu yang dilakukan.

Dalam pertemuan tersebut juga dibacakan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak dalam berbagai bidang, antara lain energi, pariwisata, hingga keuangan.

"Yang mulia saya ingin menyampaikan empat hal, pertama terkait kerja sama perdagangan. Alhamdulilah, perundingan CEPA telah selesai dan UEA adalah negara timur tengah pertama yang memiliki kerjasama CEPA dengan Indonesia," ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/7/2024).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan menyambut baik kerjasama sistem pembayaran antara bank dari Indonesia dan UEA. Yani Bank Central Asia (BCA) dengan Bank Central UEA, serta sejumlah kerja sama pembangunan lainnya.

Dia memerinci, kerja sama tersebut seperti pembangunan kapal LED untuk angkatan laut UEA oleh PT PAL Indonesia (Persero)

"Saya yakin semua ini akan memberikan manfaat positif bagi perdagangan kedua negara," ucapnya.

Kedua terkait kerja sama investasi strategis, kata Jokowi investasi antara UEA dengan Indonesia secara optimis akan makin kuat. Salah satunya untuk menyasar dua program andalam pemerintah yang menjadi fokus Indonesia saat ini yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan hilisirasi industri.

Ketiga, terkait kerja sama iklim dan energi bersih. Jokowi mengatakan dirinya mengapresiasi hubungan investasi 145 megawatt pembangkit listrik tenaga surya terapung di Cirata yang ke depan akan terus dikembangkan hingga memiliki daya hingga 500 megawatt.

"Saya juga menyambut baik ground breaking mangrove research center di bali dan kerja sama pembangkit listrik tenaga nuklir antara BRIN dan ENEC (cek lagi), dan terima kasih yang mulia untuk dukungan nyata bagi transisi energi indonesia," katanya.

Keempat, eks Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi adanya langkah kerja sama terkait dengan sosial budaya, melalui pemberian Zayed Award for Human Fraternity 2024 bagi NU dan Muhammadiyah untuk mendukung toleransi dan modernisasi islam.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih pembangunan masjid di Solo kota kelahiran saya masjid Sheikh Zayed dan juga rumah sakit kardiologi di kota kelahiran saya Solo dan juga penamaan jalan di Abu Dhabi dan Masjid Jokowi di abudhabi ini akan mempereat hubungan kita ke depan antara indonesia dan UEA," katanya.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga mengungkapkan langsung mengundang MBZ untuk berkunjung ke Indonesia di September mendatang.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel