JK: Hamzah Haz Tokoh Islam Berpolitik dengan Etika untuk Kemajuan Bangsa

 

Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) menyampaikan dukacita atas berpulangnya Wapres ke-9 RI Hamzah Haz. Jusuf Kalla mengatakan Hamzah Haz sebagai tokoh Islam yang menekankan etika dalam berpolitik.

"Ya saat awal beliau akan menjadi wapres saya ikut mendukung beliau di MPR. Karena ini tokoh Islam yang baik, tenang, dan punya pikiran-pikiran yang baik," kata Jusuf Kalla kepada wartawan di kediaman Hamzah Haz, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024).

Jusuf Kalla mengatakan Hamzah Haz adalah sosok yang beretika dalam politik. Ia mengatakan hal ini bisa dipedomani oleh politikus di masa sekarang.

"Ya suatu etika, yang berpolitik dengan etika dengan tujuannya kemajuan bangsa ini," kata dia.

Hamzah Haz diketahui mengawali karier sebagai guru pada 1960. Dia kemudian menjadi wartawan surat kabar Bebas di Pontianak hingga menjadi Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat.

Dalam dunia politik, Hamzah Haz menjabat wapres mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Hamzah Haz menjabat pada 2001-2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel