Gibran Sebut Kemungkinan Dilantik Jadi Wapres di Jakarta

 

Jakarta - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan pelantikannya sebagai wakil presiden kemungkinan akan digelar di Jakarta. Namun, Gibran tak memerinci lokasi pelantikannya.

"Kayaknya di Jakarta," kata Gibran usai mengecek uji coba makan bergizi gratis di Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7).

Kendati demikian, mantan Wali Kota Solo itu tak mempersoalkan hal tersebut dan akan mengikuti di mana akan dilantik.

"Saya ngikut aja," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)

"Pelantikan presiden (Prabowo Subianto) rencananya sih di sana (IKN Nusantara), di IKN," kata Basuki usai Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

"Kalau (upacara) 17 Agustus di sana (IKN), tapi mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta) yang 16 Agustus 2024. Rencananya begitu," jelasnya.

Sebagai informasi, setelah penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, KPU akan melanjutkan ke tahapan pelantikan. Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Berdasarkan aturan tersebut, KPU dijadwalkan akan melakukan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang. Pasangan terpilih akan melakukan pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden.

"Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden: Minggu, 20 Oktober 2024," demikian keterangan yang terlampir dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2024 yang ditetapkan oleh Ketua KPU saat itu, Hasyim Asy'ari, tertanggal 9 Juni 2022.

Sumber : CNN 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel