Dramatis! Thailand Maju ke Final Piala AFF U-16 Usai Tundukkan Vietnam 2-1

 

Solo - Timnas Thailand berhasil melaju ke babak Final AFF U-16 2024. Thailand menang dramatis dari Vietnam U-16 dengan skor 1-2.

Laga semifinal Piala AFF U-16 2024 antara Vietnam melawan Thailand digelar di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) sore.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim yang sama-sama mengincar kemenangan untuk melaju ke babak final bermain terbuka sejak menit awal. Jual beli serangan mewarnai jalannya babak pertama.

Kedua tim yang ingin mencetak gol terlebih dahulu masih belum bisa menciptakan peluang. Babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Pada menit ke-50, Vietnam mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Hong Quang dilanggar Sorakrit Kaewsri di kotak terlarang. Pelanggaran itu diketahui setelah wasit memeriksa VAR.

Dau Hong Phong yang menjadi algojo sukses melesatkan bola yang tak mampu diantisipasi Supakorn. Vietnam unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, pelatih Timnas Thailand U-16 Jadet Meelarp melakukan pergantian pemain dengan menarik Jompon Homboonma, dan Sorakrit Kaewsr. Mereka digantikan Siwakorn Ponsan dan Phanuphong Wan-on.

Pergantian taktik sukses membuat Thailand menyamakan kedudukan. Berawal dari sepakan sudut, kiper Vietnam Nguyen Van Thang Long berhasil meninju bola. Bola liar berhasil ditanduk oleh Phuriphan Phothong dan menjebol gawang Vietnam Pad menit ke-62. Skor 1-1.

Namun gol tersebut harus dibayar mahal. Phuriphan Phothong yang melakukan tandukan berbenturan dengan Dau Hong Phong hingga terkapar di lapangan. Phuriphan yang sempat mendapatkan pertolongan pertama langsung dilarikan ke rumah sakit menggunakan mobil ambulans.

Phuriphan pun diganti Sirasit Supsin. Jadet juga mengganti Supawit Phasom, dengan Thanantat Wattanapoonsin.

Pelatih Timnas Vietnam U-16 Tran Minh Chien melakukan pergantian pemain pada menit ke-74. Ia menarik Dau Hong Phong, dan memasukkan Tran Dong Thuc.

Pada babak perpanjangan waktu, Thailand berhasil melakukan comeback. Berawal dari aksi individu Ponsan di sisi kanan, ia berhasil melakukan umpan tarik yang diterima Chaiwat Ngoenma dan langsung melepaskan tembakan yang berbuah gol. Thailand berbalik unggul 1-2.

Gol itu sekaligus memantapkan langkah Thailand ke Final. Sementara Vietnam akan bertanding lagi untuk memperebutkan peringkat tiga.

Susunan Pemain

Vietnam: Nguyen Van Thang Long (GK); Le Huy Viet Anh, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Tran Cao Cuong; Nguyen Thai Hoa, Dau Hong Phong, Nguyen Viet Long; Tran Gia Bao, Nguyen Van Bach, Nguyen Thai Hieu.

Pelatih: Tran Minh Chien

Thailand: Supakorn Poonpho (GK); Phuriphan Phothong, Phurinat Poolkamlang, Supawit Phasom, Kanapoth Inthasing; Danuphon Buppha, Chaiwat Ngoenma, Sorakrit Kaewsr; Natthakit Phosri, Jompon Homboonma, Poramet Laoongdi.

Pelatih: Jadet Meelarp

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel