Anies Unggul di Survei Indikator, Fadli Zon Ungkit Pilgub Jakarta 2017

 

Jakarta - Waketum Partai Gerindra, Fadli Zon, menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia yang hasilnya elektabilitas eks Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, di posisi pertama mengungguli Ridwan Kamil hingga Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Fadli mengatakan pihaknya masih dalam tahap pembahasan formasi koalisi.
"Ya semua pasti akan jadi pertimbangan dan ujungnya nanti juga menentukan formasi koalisinya figur dan lain-lain kan tujuannya adalah bagaimana mendapatkan dukungan dari masyarakat Jakarta dan menang," kata Fadli Zon di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2024).

Fadli lalu bicara soal Anies yang telah mendapatkan dukungan dari dua partai, yakni NasDem dan PKS. Fadli Zon mengungkit Pilkada 2017 yang pengusungannya pada detik-detik terakhir.

"Itu pasti ada pembicaraan-pembicaraan lah yah, biasanya juga tidak harus masih panjang kan masih lama masih ada waktu. Yang lalu aja kita, saya tahun 2017 itu satu dua hari, sebelum masa penutupan pendaftaran calon," ujar Fadli Zon.

"Saya kira sekarang ini masih ada satu bulan lagi kan, kita tunggu saja mungkin dalam minggu-minggu depan atau dua minggu lagi, jadi waktunya masih tersedia," sambungnya.

Indikator Politik Indonesia sebelumnya merilis hasil survei terkait Pilgub Jakarta 2024. Survei itu memuat Anies Baswedan, Ahok hingga Ridwan Kamil menjadi tiga besar top of mind warga dalam memilih calon gubernur Jakarta.

Survei ini dilakukan pada 18-26 Juni 2024 dengan wawancara tatap muka. Populasi survei merupakan semua warga negara Indonesia di Jakarta yang memiliki hak pilih.

Jumlah sampel mencapai 800 responden dengan penarikan sampel menggunakan teknik multi stage random sampling. Margin of error survei ini +- 3,5% dengan tingkat kepercayaan berada di angka 95%.

Dalam simulasi 40 nama ini, nama Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil meraih posisi tiga teratas. Ketiganya memiliki elektabilitas masing-masing Anies (41,7%), Ahok (27,0%), kemudian Ridwan Kamil (15,4%).

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel