PDIP Kaget APBN Prabowo Rp 3.500 Triliun, Ini Proyek Siapa Pak?

 

Jakarta - Anggota Badan Anggaran DPR RI Dolfie Othniel Fredric Palit kaget ketika mengetahui total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 mencapai Rp 3.500 triliun dan defisitnya ditetapkan sebesar Rp 600 triliun. 

APBN 2025 akan dilaksanakan oleh pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dolfie yang merupakan mewakili fraksi PDIP di DPR mempertanyakan mengapa anggaran itu cukup besar dan bagaimana keperuntukkannya, serta dasar penetapannya.

Dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp 2.600 triliun dialokasikan untuk belanja pemerintah. Dolfie pun heran anggaran sudah ada, sementara pemerintahan Prabowo belum berjalan. Menurut dia, semua anggaran itu harus dilandasi oleh alasan yang jelas.

"Proyek apa ini Pak? Menteri yang lama apakah akan menjadi menteri lagi? Kementeriannya juga akan bertambah, ini proyek siapa pertanyaannya? Harus ada landasannya," kata Dolfie dalam rapat Badan Anggaran membahas mengenai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF), serta Rancangan Kerja Pemerintah (RKP).

Selain itu, Dolfie pun menyoroti mengenai besarnya defisit dalam rancangan APBN tersebut. Dia mengatakan defisit dalam APBN 2025 dirancang lebih dari Rp 600 triliun. Dia mempertanyakan alasan di balik penentuan keputusan tersebut.

"Nah inilah, karena ini anggaran transisi, cara berpikir kita juga transisi," katanya.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel