Baru 100 Hari Kerja, AHY Sudah Bagi-bagi 2,4 Juta Sertifikat Tanah

 

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil membagikan 2,4 juta sertifikat tanah lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

Jutaan sertifikat itu dibagikan dalam waktu 100 hari kerjanya sebagai Menteri ATR/BPN.

"Dalam 100 hari terakhir kita berhasil tambah 2,4 juta bidang tanah," katanya dalam acara 100 Hari Kerja AHY, di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat, (7/6/2024).

AHY mengatakan ketika pertama kali program PTSL dicanangkan pada 2017, baru ada 46 juta bidang tanah yang tersertifikasi. Sementara itu, pemerintah memperkirakan ada ratusan juta bidang tanah yang seharusnya memiliki sertifikat.

Karena itu, kata AHY, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai harus ada program percepatan pembagian sertifikat tanah melalui PTSL. Karena kalau tidak, jutaan tanah itu akan tetap tak memiliki tuan sah.

"Kalau business as usual, tidak ada terobosan, maka tak akan tercapai angka yang signifikan," katanya.

AHY mengatakan ketika dirinya ditunjuk menjadi Menteri ATR/BPN pada Februari, sudah ada 110 juta bidang tanah bersertifikat. Dan dalam 100 hari, AHY berhasil menerbitkan 2,4 juta tanah.

"Sehingga sekarang ada 113,3 juta bidang tanah yang telah bersertifikat," katanya.

Dia menargetkan hingga akhir 2024, akan terbit total 120 juta sertifikat tanah di Indonesia. "Mudah mudahan akhir tahun 2024 benar-bemat bisa tercapai 120 juta bidang tanah" kata dia.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel