Arca Ganesha yang Ditemukan di Fondasi Rumah Warga Sleman Temuan Langka

 

Jakarta - Arca Ganesha yang ditemukan warga saat menggali tanah buat fondasi di Dusun Sayidan, Sumberadi, Kapanewon Mlati, Sleman, termasuk temuan langka.

Menurut Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X, arca itu memakai pakaian mewah berupa jarit bermotif sampai mata kaki.

Meski arca itu ditemukan dalam kondisi tidak utuh karena ada beberapa bagian yang hilang, Wardiyah menyebut arca itu luar biasa.

"Secara kebendaan, ini arca Ganeshanya luar biasa. Dipahat dengan sangat baik, atributnya lengkap. Sayangnya, kita nggak nemu patahan tangannya, kan tangannya empat ya. Itu yang kita sayangkan. Yang satu patah, yang dua belum ketemu," kata Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian Wilayah X Wardiyah, Jumat (28/6/2024).

Wardiyah juga menyebut arca Ganesha ini unik karena dibuat dalam bentuk mengenakan kain jarit sampai mata kaki. Menurut dia, hal seperti itu jarang ditemukan.

"Ini uniknya, arcanya juga memakai kain yang bercorak, ada motif ceplok bunganya. Itu kami juga sering ketemu seperti itu, ada di beberapa tempat, tapi kan itu sangat jarang," ungkapnya.

"Dia memakai kain jarit yang sampai semata kaki, ada hiasan ceplok bunga. Jadi bisa dipastikan dia mewah pakaiannya, tidak hanya kain biasa," sambung Wardiyah.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel