Amien Rais Ungkit Demokrasi Rusak: Goodbye Sir, Go Back to Your Asal

 

Jakarta - Eks Ketua MPR Amien Rais menilai demokrasi saat ini mengalami kemunduran. Amien mengatakan ada pihak yang mengambil alih demokrasi 94%.

"Maaf ya, jadi semua mengatakan ada back sliding democracy, gelontor, bahkan ada yang mengatakan risk to the bottom gara-gara demokrasi yang rusak ini, semua lantas masuk ke jurang yang paling dalam," kata Amien Rais setelah menemui pimpinan MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

"Saya nggak nyebut nama, ini memang sosok seseorang yang nampaknya tidak mengerti demokrasi, semua diambil alih ya 94%," sambungnya.

Bahkan, kata Amien, DPR hingga lembaga lainnya pun turut diambil alih. Menurutnya, hal itu justru merusak demokrasi.

"DPR juga agak keenakan diambil alih, mungkin juga salah beliau-beliau juga, nggak tahu ya. Kemudian lembaga-lembaga tinggi juga dijinakkan, dikooptasi ya lantas semua hanya nggih nggih saja," ujarnya.

Amien menilai merusak demokrasi lebih mudah daripada membangun demokrasi. Amien lantas meminta tidak ada lagi cawe-cawe yang dilakukan.

"Jadi saya pikir sudah waktunya goodbye, Sir, please go back to your asal-usul, kemudian nggak usah cawe-cawe lagi," tuturnya.

Maka itu, menurut dia, tidak ada yang salah jika presiden kembali dipilih oleh MPR. Amien mengatakan MPR akan memiliki banyak pertimbangan ketika memilih presiden.

"Jadi sekarang kalau mau dikembalikan dipilih MPR, mengapa tidak? MPR kan orangnya berpikir, punya pertimbangan," ujar pendiri Partai Ummat ini.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel