Wabendum NasDem Sebut Paloh Tahu Bagi Sembako-Kurban dari Dana Kementan

 

Jakarta - Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai NasDem Joice Triatman menyebut Garda Wanita (Garnita) Malahayati, yang merupakan organisasi sayap partainya, membagikan paket sembako dan hewan kurban menggunakan dana Kementerian Pertanian (Kementan). Joice menuturkan hal ini diketahui Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Joice menyampaikan hal itu saat bersaksi untuk tiga terdakwa kasus gratifikasi dan pemerasan, yakni eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kasdi Subagyono serta Muhammad Hatta, di PN Tipikor Jakarta pada Senin (27/5/2024). Joice saat itu menjabat sebagai staf khusus SYL.

Mulanya, kuasa hukum SYL Djamaludin Koedoeboen menanyakan Joice soal hewan kurban yang dibagikan Garnita NasDem. Hewan kurban itu disebut disampaikan ke masyarakat di berbagai provinsi.

"Soal hewan kurban, saudara menjelaskan bahwa hewan kurban dibagikan untuk seluruh provinsi Indonesia? Itu disampaikan dari Kementan, dan dibagikan melalui Garnita NaDsem?" ujar Djamaludin.

"Betul. Kami mempercayakan seluruh kader untuk mencari, dan titik mana yang memang layak dan lebih membutuhkan," jawab Joice.

Joice mengatakan pihaknya menyampaikan ke masyarakat soal hewan kurban tersebut sebagai bentuk kehadiran Garnita NasDem di tengah masyarakat. Namun Joice mengaku tidak tahu asal sumber dana untuk kurban.

"Pada saat hewan kurban dibagikan, disampaikan apa pada masyarakat? Ini program apa?" tanya Djamaludin.

"Sama dengan sembako. Bahwa ini kegiatan dalam rangka amal dan Garnita hadir di tengah masyarakat," jawab Joice.

"Sumber dana sapi kurban dari mana?" ujar Djamaludin.

"Tidak tahu," jawabnya.

Djamaludin Koedoeboen lalu bertanya berapa provinsi yang diberi bantuan daging kurban. Menurut Joice Lampung dan Sumatera Selatan termasuk provinsi sasaran pembagian hewan kurban.

Djamaludin Koedoeboen lantas mempertanyakan apakah Joice melaporkan hal tersebut kepada Ketum NasDem Surya Paloh. Joice mengaku pihaknya melaporkan dan diketahui oleh Surya Paloh.
"Surya Paloh tau nggak soal aktivitas Garnita? Selalu melaporkan?" tanya Djamaludin kemudian.

"Tahu. Saya tidak selalu, tapi iya melaporkan. Karena setiap kegiatan NasDem memiliki sosial media pasti di-upload," terang Joice.

Joice menjelaskan laporannya ke Ketua Umum berupa rangkuman kegiatam, termasuk yang tidak rutin. Laporan di sampaikan baik di forum maupun tatap muka.

"Tidak hanya forum resmi di gedung NasDem, tapi juga face to face, bersama yang lain," ujar Joice.

Joice juga menyebut pihaknya melaporkan ke Surya Paloh bahwa kurban dan sembako yang dibagikan berasal dari Kementan. Menurut Joice, Surya Paloh meberikan respon dengan memintanya untuk melanjutkan.

"Saudara menyebut terkait hewan kurban, sembako itu adalah bantuan dari Kementan? Di sebut ke Sury Paloh?" kata pengacara.

"Iya," ujar Joice.

"Gimana bahasanya?"

"Izin melaporkan bahwa selama tiga bulan terakhir sudah ada kegiatan a, b, c, termasuk sembako dan kurban itu bantuan yang berasal dari Kementan," kata Joice.

"Apa tanggapannya Surya Paloh?"

"Baik, bagus, jalankan," tutur Joice.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel