Pj Gubernur Jateng Ungkap Kesuksesan Pemilu, Partisipasi Tinggi Lampaui Target

 

Semarang - Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Jawa Tengah dibeberkan PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana. Menurut Nana, partisipasi masyarakat cukup tinggi hingga melampai target.

"Alhamdulillah, Pemilu berjalan sukses, lancar, tertib, aman dan damai, dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi, mencapai 82,79%, melampui target (80%)," ungkap Nana saat hadir dalam acara jogja Awards 2024 di Hotel Padma, Semarang, Selasa (30/4/2024).

"Saya ucapkan terima kasih, karena capaian ini dapat terwujud berkat sinergisitas yang solid antar berbagai unsur, mulai dari KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Satlinmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, hingga masyarakat sebagai pemilih," sambungnya.

Lebih lanjut, Nana mengungkapkan bahwa capaian tersebut tak luput dari beberapa kegiatan yang dilakukan. Seperti menyelenggarakan Rakor Forko-pimda yang melibatkan KPU dan pihak keamanan untuk memastikan kelancaran persiapan penyelenggaraan tiap tahapan Pemilu.

"Selain itu, kami melakukan pengecekan langsung terkait kesiapan logistik dan kesiapan tahapan Pemilu di 35 kabupaten/kota di Jateng," kata Nana.

"Kami selalu menghimbau ASN untuk bersikap netral. Kami instruksikan kepada Pimpinan OPD untuk mengucapkan dan menanda-tangani Ikrar Netralitas yang disaksikan oleh Gubernur Jateng, Ketua KASN, dan Ketua Bawaslu. Ikrar tersebut juga diucapkan seluruh pegawai ASN pada saat apel pagi," samnbungnya.

Adapun untuk meminimalisir potensi konflik dan memastikan terwujudnya Pemilu yang aman, tertib, damai dan kondusif , Pemprov Jateng bersama TNI, POLRI dan Bawaslu melakukan langkah-langkah antisipatif sejak sebelum Pemilu hingga tahap setelah Pemilu digelar.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel