Tol Fungsional Jogja-Solo di Klaten Beroperasi Mulai 5 April, Ini Kondisinya

 

Klaten - Tol fungsional Jogja-Solo di wilayah Kabupaten Klaten bakal dibuka mulai 5 April 2024 untuk arus mudik Lebaran. Sejumlah persiapan terus dilakukan PT Jasamarga Jogja Solo dan Polres Klaten.

Dari arah Sawit, Kabupaten Boyolali, dua ruas jalan tol tersebut sudah selesai dibangun, lengkap dengan pagar pengaman kanan kiri, tengah serta rambunya.


Di exit tol Kuncen, Kecamatan Ceper, dua ruas untuk keluar dan masuk juga sudah selesai dengan pagar pengaman meskipun gate tol masih dikerjakan. Dari gate sampai jembatan putaran pagar pembatas tengah belum terpasang tetapi diberi tolo- tolo.

Dari jembatan exit tol Kuncen ke arah Yogyakarta atau Klaten, dua ruas sebagian selesai dan sebagian masih dikerjakan. Ruas yang bisa digunakan setelahnya hanya di lajur kiri dari arah Boyolali.

Di ruas sekitar Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom jalur dialihkan ke kanan karena masih ada pekerjaan dan alat berat masih di lokasi. Sesampainya di ruas Desa Beku, Kecamatan Karanganom kembali dipindahkan ke lajur kiri.

Di setiap perpindahan lajur telah dipasang rambu penunjuk dan water barrier menjadi pagar pengaman. Di ruas Desa Tarubasan, Kecamatan Karanganom yang menikung, water barrier cukup panjang jadi pengaman.

Di pintu exit tol Ngawen rambu papan keluar tol arah kota Klaten dan arah Yogyakarta menuju exit Karangnongko sudah dipasang. Water barrier dipasang petugas di exit Ngawen sampai jalan arteri Klaten-Boyolali.

Persiapan yang sama terlihat di exit tol Karangnongko yang tembus ke Kecamatan Kebonarum. Bedanya di jalan arteri jalan Karangnongko-Kebonarum sebagai pintu keluar tol aspal sudah baru dan jalan diperlebar, tetapi di Ngawen tidak.


Di sepanjang jalur penerbangan belum semua terpasang. Namun untuk rambu kecepatan maksimal, info tol, pengalihan arus semua sudah terpasang.

Kapolres Klaten AKBP Warsono mengatakan total panjang tol fungsional sekitar 23 kilometer dari Colomadu. Operasional mulai tanggal 5 April 2024.

"Mulai tanggal 5 April sampai 15 April 2024 mulai digunakan. Jam operasional mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB," ungkap Warsono kepada wartawan di lokasi saat simulasi, Rabu (3/4/2024).

Dijelaskan Warsono, nantinya exit tol diberlakukan hanya satu jalur, baik untuk arus mudik dan arus balik. Arus mudik dari tanggal 5 April.

"Tanggal 5 April sampai 11 April nanti untuk arus mudik. Setelah tanggal 11 April sampai 16 April untuk arus balik, jadi satu jalur," jelas Warsono.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel