Surya Paloh Bahas Potensi Koalisi di Pilkada saat Bertemu Presiden PKS

 

Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh membahas perihal kerja sama dalam Pilkada Serentak. Surya Paloh mengatakan NasDem dan PKS sudah menemukan sejumlah wilayah yang berpotensi dikoalisikan bersama PKS.

"Banyak hal yang tadi didiskusikan, ke arah mana saja, sejujurnya memang demikian. Yang kita cari adalah titik temu. Kita memahami tentu tidak semuanya kita memiliki kesamaan, tetapi bukan perbedaannya yang kita cari dan kita buat sedemikian rupa, tapi justru kita cari soal kesamaan yang memungkinkan," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

"Bahkan dalam Pilkada, secara spontan saya mengatakan kami sudah menemukan beberapa wilayah yang belum bisa saya sebutkan," sambungnya.

Paloh juga mengatakan dirinya dan PKS membahas soal sikap politik partai masing-masing ke depannya, apakah akan bergabung di pemerintahan, atau berada di luar pemerintahan. Paloh menyebut dirinya dan PKS masih mengkaji bersama-sama.

"Bagaimana arahnya nanti, apakah di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan? Kita masih kaji bersama. Jadi belum sampai ke tahap final," ujarnya.

Meski begitu, ia menyatakan banyak titik temu saat berdiskusi dengan Syaikhu. Semisal, sambung Paloh, NasDem dan PKS memiliki mental siap berkoalisi maupun menjadi oposisi pada pemerintahan mendatang.

"Saya katakan tadi sama teman-teman PKS, 'Coba renungkan, apa yang terbaik bagi negeri ini? PKS di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan'," ungkapnya.

"Tapi bagi saya, yang saya pahami, ada kesamaan PKS sama Nasdem itu. Apa kesamannya? Siap dua-duanya," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Syaikhu mengatakan mereka membahas sejumlah hal strategis. Mulai dari masa depan Anies Baswedan hingga peluang kerja sama kedua partai di Pilkada Serentak mendatang.

"Saya sangat berbahagia dalam kesempatan hari ini bersama jajaran DPP PKS bisa diterima Bang Surya Paloh dengan seluruh jajaran dengan suasana yang penuh keakraban dan suasana Idul Fitri," kata Syaikhu.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada NasDem atas kerja sama di Pilpres 2024 dengan mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Syaikhu mengatakan kerja sama tersebut membuka peluang untuk menghadapi Pilkada 2024 pada November.

"Di mana kita banyak berkolaborasi kita banyak bertukar pikiran, di lapangan ya tentu ini bisa jadi modal awal untuk menapaki penggalangan politik ke depan membangun bangsa yang besar ini dengan kebersamaan,"ujarnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel