Serba-serbi Open House Lebaran Terakhir Jokowi di Istana

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menggelar open house Lebaran terakhir di Istana Negara, Jakarta. Sebab, tahun ini merupakan tahun terakhir Jokowi menjabat sebagai presiden. Lantas, apa saja serba-serbi menarik open house terakhir Jokowi ini?

Awalnya, Jokowi beserta ibu negara Iriana melaksanakan salat Id terlebih dulu di Masjid Istiqlal di pagi hari. Selanjutnya Jokowi menggelar open house di Istana Negara, Jakarta sekitar pukul 09.15 WIB, Rabu (10/4/2024).

Terlihat sejumlah menteri berdatangan. Mereka mulai mengantre ke pintu Istana Negara untuk masuk dan bersalaman dengan Jokowi.

Sejumlah menteri yang hadir di waktu awal antara lain Mendagri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Mendag Zulkilfi Hasan, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menpan RB Azwar Anas, Menkeu Sri Mulyani, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menaker Ida Fauziah.

Terlihat juga anggota Wantimpres Agung Laksono dan Sidarto Danusubroto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua DPD La Nyalla Matalitti.

Selain itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto juga menghadiri open house Jokowi. Prabowo didampingi putranya, Didit Hediprasetyo.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta istrinya, Annisa Pohan juga hadir dalam open house ini. AHY juga menyampaikan salam hormat ayahnya sekaligus Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga ikut menghadiri open house Lebaran ini. Jenderal Sigit datang bersama Wakapolri Komien Agus Adrianto dan jajaran Polri.

Lalu, apa saja serba-serbi menarik seputar open house ini?

Dapat Makan dan Sembako

Warga yang mengikuti open house di Istana mendapat makanan dan sembako. Masyarakat tampak antusias mengikuti open house itu.

Seorang warga Kemayoran, Jakarta Pusat, Supriyanto, menjadi salah satu yang berkesempatan mengikuti open house itu. Dia mengaku senang karena bisa melihat langsung Presiden Jokowi.

"Memang saya mau ketemu Pak Jokowi, habis kita selaku masyarakat awam, umum, ada rasa kebanggaan kalau kita ketemu dengan seorang pemimpin," katanya saat ditemui setelah menghadiri open house Jokowi, Rabu (10/4/2024).

Dia mengatakan berangkat ke lokasi open house bersama sang anak sejak pagi. Namun tak harus mengantre lama karena langsung diarahkan oleh petugas yang berjaga.

"Bisa dibilang kalau untuk kita disabilitas, kalau untuk ngantre sebenarnya nggak ya. Karena memang diprioritaskan oleh petugas, Alhamdulillah diberikan kemudahan," ucapnya.

Paket sembako itu diserahkan dalam sebuah tas plastik berwarna merah putih. Sisi depan tas itu bertulisan 'Bantuan Presiden Republik Indonesia' lengkap dengan logo Istana Presiden Republik Indonesia.

Dalam satu tas itu terdapat lima bahan pokok yang diberikan. Di antaranya:

1. Beras 5 kilogram
2. Minyak goreng 1 liter
3. Gula pasir 1 kilogram
4. 1 kotak teh celup
5. 1 bungkus biskuit

Adapun teknis pembagian paket sembako itu adalah menukarkan kupon yang telah dibagikan panitia di dalam lokasi open house. Namun tak semua warga yang masuk ke lokasi open house mendapat bingkisan sembako.

Warga Hingga Menteri Ikut Antre

Open house diawali dengan para pejabat negara, dari kepala lembaga hingga menteri dan keluarga mereka, yang datang lebih awal.

Mereka antre di pilar teras Istana Negara untuk masuk dan bersalaman dengan Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Pejabat yang tiba belakangan diarahkan untuk ikut antre dengan masyarakat dengan barisan yang berbeda.

Protokol Istana pun mengatur antrean menteri dan masyarakat. Mereka bergantian masuk ke ruangan dan bersalaman dengan Jokowi.

Antrean antara pejabat dan masyarakat berada di titik yang sama. Perbedaannya ada di pintu masuk.

Masyarakat masuk dari pintu Kemensetneg Jalan Majapahit. Sedangkan pejabat negara masuk lewat pintu Istana Negara, Jalan Veteran.

Skema pejabat dan masyarakat usai bersalaman dengan Jokowi dan Iriana pun berbeda. Masyarakat langsung diarahkan ke pintu keluar, sementara pejabat negara dipersilakan masuk ke dalam istana untuk menyantap hidangan.

Aneka Jenis Makanan

Jenis-jenis makanan yang dihidangkan diungkap Menkominfo Budi Arie Setiadi yang turut hadir dalam open house tersebut. Ketum Projo ini menyebut ada makanan hingga kue kering yang disajikan.

"Oh mantep dong. Biasa, ada bebek, lontong, ada opor, ada kue-kue nasional," kata Budi Arie kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/4).

Budi Arie tidak membeberkan rinci makanan yang disajikan. Namun, dia mengaku makanan-makanan yang tersaji enak. Terlebih, sudah bertahun-tahun Jokowi tak open house.

"Enaklah, pokoknya manteplah. Ini kan udah 3 tahun ini kita nggak open house. Presiden juga nggak open house," ujarnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel