Relawan Anies, Prabowo dan Ganjar Suarakan Rekonsiliasi Pasca Pilpres di CFD

 

Jakarta - Kelompok relawan Anies Baswedan-Cak Imin, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggelar acara bersama di Bundaran HI saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day. Agenda itu digelar untuk mengajak masyarakat kembali bersatu pasca Pemilu 2024.

Dalam agenda ini, tiga relawan itu berasal dari Anak Bangsa (Abas), Bison Indonesia, dan Republik for Ganjar Presiden. Mereka datang setelah konsolidasi sebelumnya.

Ketua Abas Tapanuli Tengah Hisar Parsauliaan Aritonang yang mewakili Ketua Umum Abas Raden Gusti Arif mengatakan, pihaknya sepakat rekonsiliasi dengan relawan 02 dan 03 bertujuan untuk menjaga persatuan bangsa. Mereka tidak ingin ada polarisasi masyarakat yang terjadi pasca pemilu 2024.

"Kami datang ke ke sini karena kesadaran sendiri. Tujuannya satu untuk persatuan. Pemilu sudah usai, saatnya bersatu kembali sebagai Indonesia," kata Hisar kepada detikcom di Bundaran HI, Minggu (28/4/2024).

Hisar juga menyinggung bagaiamana polarisasi masyarakat sempat terjadi pascapemilu 2019 silam. Menurutnya sejarah kelam itu jadi pelajaran penting untuk hari ini agar tak terulang lagi.

"Kalau kami bercermin dari Pemilu 2019 silam. Waktu itu banyak korban jiwa gara-gara pemilu. Kami tidak mau itu terjadi lagi," ucapnya.

Hisar juga berharap pemerintah sama-sama mampu mendorong dan membuat masyarakat kembali bersatu pascapemilu. Menurutnya dinamika pemilu 2024 ini cukup panjang mulai dari penentuan capres-cawapres hingga putusan MK.

"Kami ingin menyampaikan kepada pemerintah untuk belajar dari pemilu ini. Bahwa tak bisa dipungkiri banyak gesekan yang terjadi. Sehingga kami harap 2029 ada perubahan," lanjut dia.

Setelah rekonsiliasi dilakukan di Bundaran HI, Hisar bilang Abas dan relawan lainnya sepakat untuk menggelar agenda serupa di daerah lain. Menurutnya hal ini penting dilakukan agar bangsa Indonesia tidak terpecah belah.

"Abas ini setiap provinsi ada. Kami dari pusat sampai kabupaten. Semua sepakat rekonsiliasi. Ini sudah instruksi dari pusat. Nanti akan ada lagi rekonsiliasi di setiap kota besar Surabaya, Medan. Ini mulai dari Jakarta," ungkapnya.

"Ini kami lakukan di tempat umum seperti Bundaran HI jni supaya orang juga bisa melihat semangat persatuannya," imbuhnya.

Selanjutnya Koordinator Nasional Bison Indonesia Ginka Febriyanti Ginting menyebut, rekonsiliasi ini bertujuan untuk merajut kembali persatuan bangsa pascapemilu 2024. Mereka pun memberi tagar aksinya dengan #dulurelawansekarangberkawab.

"Kami dari tiga relawan ini sepakat sudah tidak ada lagi kawal capres-cawapres, tapi yang ada saat ini adalah kawal Indonesia menuju Indonesia Emas 2045," kata Ginka.

Ginka menuturkan, aksi ini sebelumnya sempat digelar di Patung Kuda pekan lalu bersama kelompok lain. Semangatnya sama untuk memupuk persatuan.

Dia pun berpesan kepada seluruh masyarakat dan relawan di mana pun berada untuk sama-sama kembali bersatu. "Bukan hanya untuk relawan tapi untuk masyarakat Indonesia. Mari sama-sama menerima hasil dari berbagai guliran demokrasi yang sudah berjalan, mari sama-sama menerima siapapun presiden dan wakil presidennya yang terpilih karena itu sudah pilihan rakyat lewat proses demokrasi yang berjalan," tutupnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel