Pemudik Rehat di Bahu Jalan Tol Jadi Hambatan, Bisa Picu Kemacetan

 

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Polri mengungkapkan skema contra flow dan one way di Tol Trans Jawa pada masa mudik Lebaran 2024 efektif mencegah kemacetan. Namun, tetap masih ada catatan tersendiri untuk pemudik.

"Iya memang efektif karena skema itu bisa menurunkan rasio volume kendaraan dibandingkan kapasitas jalan tol," kata juru bicara (jubir) Kemenhub, Adita Irawati, kepada wartawan, Sabtu (6/4/2024).

Catatan tersebut adalah sejumlah para pemudik beristirahat di bahu jalan. Penumpukan kendaraan pun terjadi karena pemudik beristirahat di bahu jalan.

"Masih adanya masyarakat pemudik yang memaksakan diri beristirahat di bahu jalan tol, mengakibatkan berkurangnya kapasitas jalan dan akhirnya macet mengular," ujar Adita.

Petugas di lapangan lantas meminta pemudik yang beristirahat di bahu jalan untuk segera berjalan kembali. Sebagian pemudik mengerti dengan arahan pertugas tersebut. "Iya betul tapi tidak semua mematuhi," imbuhnya.

Efektifnya skema contra flow dan one way juga diungkapkan oleh Korlantas Polri. Kabagops Korlantas Polri Eddy Djunaedi menegaskan bahwa dua skema itu efektif.

"Sangat efektif," ujar Eddy.

Kendala lainnya saat contra flow dan one way menurut Korlantas adalah pemudik memaksakan masuk ke rest area yang sudah penuh. Kendaraan yang tertahan di pintu masuk rest area menimbulkan penumpukan kendaraan.

"Masyarakat yang memaksakan masuk ke rest area yang sudah penuh, masyarakat yang berhenti di bahu jalan dan kendaraan yang rusak/mogok," imbuhnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel