Kapan Perbaikan Permanen Tol Bocimi yang Longsor, Ini Kata Menteri PUPR

 

Semarang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang sempat longsor bisa dilalui satu lajur. Setelah masa arus balik, perbaikan permanen akan dilakukan.

Hal itu diungkapkan Basuki di sela membuka one way nasional di Tol Kalikangkung Kota Semarang. Ia menegaskan jalur tol tersebut bisa dilalui sejak hari Kamis (11/4) lalu.

"Untuk tol Bocimi yang kemarin longsor di KM 64, hari Kamis sudah bisa dilalui satu lajur," kata Basuki di Tol Kalikangkung, Sabtu (13/4/2024).

Ia menjelaskan lalu lintas akan diatur oleh kepolisian hingga masa arus balik ini selesai. Setelah itu akan dilakukan perbaikan permanen.

"Jadi untuk arus mudik nanti diatur oleh Kapolres Bogor untuk memanfaatkan satu lajur. Itu nanti kalau ini sudah selesai acara mudik balik ini akan kita tindak lanjuti dengan pengamanan permanen yang membutuhkan waktu cukup lama," ujarnya.

Untuk diketahui, longsor terjadi di jalan Tol Bocimi pada KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada Rabu (3/4/2024) lalu.

Dari akun Instagram @pupr_bpjt menginformasikan bahwa jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Km 64+600 sudah dapat difungsikan usai penanganan darurat dan pembersihan lokasi. Ruas tersebut difungsikan untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran 2024.

Berikut ketentuannya:
  • Fungsional ruas tol ini akan diberlakukan sistem buka-tutup.
  • Jam operasional dalam kendali Polres Sukabumi:
  • Setiap hari, kemungkinan antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB
  • Mulai dari Pintu Cigombong (KM 60) ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (KM 72) - Sukabumi.

Diketahui peristiwa bencana itu terjadi pada Rabu 3 April 2024, sekitar pukul 20.00 WIB, gerakan tanah atau longsor terjadi di Tol Bocimi (akronim dari Bogor, Ciawi, dan Sukabumi) Km 64-600 A, tepatnya di Tol Parungkuda arah Sukabumi, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel