Hari Pertama Tol Solo-Jogja Fungsional untuk Arus Balik, Banyak Warga Bingung

 

Klaten - Hari ini ruas tol fungsional Jogja-Solo di Klaten mulai diperuntukkan untuk kendaraan arus balik. Tiga exit tol yaitu Kuncen, Ngawen, serta Jagalan hanya digunakan untuk masuk kendaraan.

Pemberlakuan exit tol hari ini untuk arus masuk kendaraan dimulai pukul 06.00 WIB dan didukung rambu penunjuk arah serta petugas. Namun, masih saja banyak warga yang kebingungan.

Di pintu exit tol Kuncen, Kecamatan Ceper, ada satu unit sepeda motor Supra dihentikan di depan portal pintu masuk exit Kuncen pukul 14.40 WIB. Pasutri asal Piyungan, Yogyakarta itu nyaris masuk tol.

"Saya mau ke Solo Baru. Saya kira lewat sini," ungkap pemotor, Mursani, Jumat (12/4/2024) siang.

Setelah dijelaskan salah arah, satu keluarga yang membawa seorang anak perempuan itu diarahkan ke jalan Jogja. Mereka diarahkan ke simpang tiga Pakis ke kanan tembus Solo Baru.

Tidak hanya sepeda motor tersebut, belasan mobil juga terlihat masih bertanya-tanya dan perlu arahkan petugas. Mereka kebingungan apakah tol sudah boleh dilintasi kendaraan.

Padahal, papan rambu penunjuk jalan sudah terlihat dipasang di tepi jalan arah Yogyakarta maupun Solo. Papan tersebut berisi tanda panah arah masuk tol dengan tulisan tujuan Jakarta-Surabaya.

Di exit tol Kuncen, Kecamatan Ceper, petugas juga memasang portal batas ketinggian kendaraan 2,7 meter. Praktis, hanya mobil pribadi yang bisa melintas masuk ke jalan tol.


Sedangkan di exit tol Ngawen, Kecamatan Ngawen, masyarakat yang hendak balik lewat tol ada juga yang tersesat. Beberapa kendaraan masuk jalan uruk di barat badan jalan tol karena mengira pintu masuk.

Padahal pintu masuk exit tol Ngawen di timur badan jalan tol. Setelah didatangi petugas, warga diminta putar balik dari jalan buntu yang masih berupa tanah uruk tersebut.

Kapos Pam exit Tol Kuncen, Iptu Sutopo menjelaskan operasional tol untuk arus balik dimulai hari ini dengan dibuka langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Warsono. Ruas tol fungsional otomatis hanya digunakan untuk kendaraan masuk.

"Mulai hari ini sampai 15 April exit tol hanya untuk masuk kendaraan yang akan balik, tidak digunakan untuk kendaraan yang keluar atau mudik. Dipasang batas ketinggian kendaraan agar truk dan bus tidak masuk," ungkap Sutopo. 

Meskipun ramai, terang Sutopo, tidak ada kendala di lapangan. Namun memang masih ada beberapa warga yang bertanya kepada petugas.

"Kalau di sini (Kuncen) keblasuk (tersesat) tidak ada. Kalau yang bertanya boleh masuk ke tol atau tidak itu masih banyak, mungkin ragu karena sebelumnya (5-11) untuk keluar kendaraan," imbuhnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel