Gibran Ungkap Alasan Pusat AI Rp 3 T Dibangun di Solo: Karena Paling Siap

 

Solo - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Indosat Ooredoo Hutchison dan Nvidia berkomitmen membangun Pusat Kecerdasan Buatan Nasional di Solo Technopark.

"Ya itu menindaklanjuti pertemuan dengan Pak Dubes India kemarin (Senin, 1 April). Ada investasi kerja sama antara Indosat dengan Nvidia dari Amerika. Nanti ditunggu saja kelanjutan seperti apa. 

Yang jelas Solo Technopark sudah ditunjuk sebagai tempat dan itu investasi besar banget," kata Gibran di Pasar Legi Solo, Kamis (4/4/2024).

Diketahui, Indosat Ooredoo Hutchison dan Nvidia akan berinvestasi senilai USD 200 juta atau setara Rp 3 triliun untuk membangun Indonesia AI Nation.

Gibran mengatakan investasi itu tidak hanya untuk Kota Solo meski pembangunannya di Solo. Pemilihan Solo sebagai lokasi itu juga sempat dibahas dengan Dubes India Shri Sandeep Chakravorty.

"Tidak cuma di Solo, inisiasi di Solo. Itu nanti makanya kemarin ketemu Pak Dubes membicarakan potensi-potensi itu. Ya itu salah satunya. Dan alhamdulillah sudah dapat kejelasan (lokasi)," ungkapnya.

Ditanya soal alasan Solo sebagai lokasi investasi dibanding kota lainnya, Gibran mengatakan Solo Technopark paling siap dibanding Technopark lainnya.

"Karena Technoparknya Solo paling siap, semua kota punya Technopark, dan Solo Technopark kita yang paling produktif dan memang dari awal saya menjawab ada peluncuran 5G di Solo. Nah itu bosnya sama, Indosat, atas kepercayaan itu kami dipilih kembali," bebernya.

Gibran belum membeberkan detail mengenai rencana investasi tersebut. "Nanti, untuk detailnya nanti. Masih di akhir tahun, masih pembicaraan, dan detail nanti," bebernya.

Gibran menambahkan, kecerdasan buatan atau AI menjadi salah satu hal yang harus segera diperbarui terutama untuk anak-anak muda.

"Nanti masih akhir tahun, yang jelas AI ini sesuatu yang harus kita segera update untuk anak-anak muda kita, jadi nanti nggak ketinggalan, karena pada satu titik nanti semua akan tergantikan AI," ucap Gibran.

"(Pendidikan AI?) Ada juga pelatihan dan lain-lain, detail akhir tahun. (SDM-nya?) Harusnya untuk umum, tapi nanti di akhir tahun ya," pungkas Gibran.

Indosat-Nvidia Investasi Bikin Pusat AI di Solo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebutkan Indosat Ooredoo Hutchison dan Nvidia berkomitmen untuk membangun Pusat Kecerdasan Buatan Nasional di Solo, Jawa Tengah.

Budi mengungkapkan bentuk investasi kedua perusahaan tersebut berupa menggelontorkan dana sebesar USD 200 juta atau setara Rp 3 triliun.

"Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD 200 juta alias Rp 3 triliun untuk membangun Indonesia AI Nation," ujar Menkominfo ditemui awak media di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

Lebih lanjut, konsep Indonesia AI Nation itu berupa pembangunan infrastruktur, termasuk juga menciptakan sumber daya manusia berkualitas. Lokasi Indonesia AI Nation ini akan ditempatkan di Solo Technopark.

Menurut Budi, wilayah yang dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka itu dinilai cocok untuk jadi pusat kecerdasan buatan di Indonesia.

"Loh ya, SDM-nya bagus (di Solo). Tadi sudah bicara dengan Dirutnya Indosat dan juga Mas Gibran sudah bicara, kita akan coba eksekusi," kata Budi.

Rencana pembangunan Indonesia AI Nation ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Sebentar lagi, kan pondasinya kita bangun bahwa kita akan bangun Pusat AI Indonesia. Ya, sekarang kan ke depannya soal AI," pungkas dia.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel