Bos PPI: PKS Malu-malu tapi Mau Koalisi dengan Prabowo

 

Jakarta - Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai undangan halalbihalal PKS ke Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai uluran tangan membuka komunikasi politik. Namun, Adi melihat PKS malu-malu untuk merapat ke Prabowo.

"PKS malu-malu tapi mau berkoalisi dengan Prabowo. Undangan ke Prabowo itu bentuk lain uluran tangan PKS membuka komunikasi politik ke Prabowo-Gibran," ujar Adi kepada wartawan, Jumat (26/4/2024).

Adi memandang undangan itu juga sebagai bentuk cara PKS untuk menurunkan tensi politik Pilpres 2024 yang kini sudah selesai. Jika Prabowo hadir dalam acara halalbihalal itu, kata Adi, berarti ada kecocokan dengan PKS.

"Kalau tak cocok tak mungkin datang," kata Adi.

Melihat langkah politik PKS, Adi meyakini tidak mungkin partai berlambang bulan sabit dan padi itu menawarkan diri bergabung ke Prabowo. Akan tetapi, kata Adi, PKS akan mempertimbangkan secara serius bila diajak Prabowo gabung koalisi.

"Kalau sudah ada komunikasi awal, tentu jadi pintu masuk kerja sama di masa mendatang. Melihat perilaku politik PKS tak mungkin menawarkan diri bergabung ke Prabowo, tapi kalau diajak Prabowo gabung koalisi, pasti dipertimbangkan serius PKS. Ini yang saya sebut malu tapi mau," ungkapnya.

Lebih lanjut, Adi mengatakan undangan halalbihalal itu juga bisa saja sebagai bentuk PKS membuka obrolan dengan Prabowo. Bukan tidak mungkin, kata Adi, obrolan itu bisa berujung menjadi koalisi.

"Undangan halalbihalal itu tentu bentuk ingin membuka obrolan dengan Prabowo. Selanjutnya bisa berujung koalisi kalau ada tawaran dan cocok," ujarnya.

Siapkan Karpet Merah untuk Prabowo
PKS akan menggelar halalbilhalal mengundang seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 hari ini. Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsy, menyebut pihaknya juga mengundang seluruh peserta Pilpres 2024.

"Besok kami akan ada halalbihalal, Sabtu pagi jam 08.00 WIB. Kita akan mengundang seluruh presiden dan wakil presiden dari semua calon," kata Aboe dalam jumpa pers di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2024) malam.

Aboe menuturkan pihaknya berharap seluruh undangan dapat hadir dalam halalbihalal itu. PKS juga akan menyediakan karpet merah untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"PKS mengundang besok halalbihalal itu mungkin muqaddimah untuk kita dialog untuk kita ngobrol banyak ya kita berharap Pak Presiden pemenang bisa hadir ya, dan partai-partai yang lain juga hadir," ucap dia.

"Kita tunggu saja beberapa hari ini moga-moga kalau Pak Prabowo datang kita juga akan kasih karpet merah sebagai presiden pemenang kita akan sambut ya," tambah Aboe.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel